Yuk Intip Orang-orang Papua yang Masih Hidup di Atas Pohon

by

Mari kita mengenal salah satu suku yang tinggal di rumah-rumah pohon. Masih di Indonesia, suku ini berasal ada di Provinsi Papua.

Dihimpun detikTravel, Sabtu (15/12/2018), inilah Suku Korowai. Lokasi tepat keberadaan mereka yang tinggal dan bikin rumah di pepohonan itu ada di Kabupaten Mappi.

Keberadaan Suku Korowai baru ditemukan sekitar setengah abad lalu. Disebutkan bahwa sampai tahun 1970, suku ini tidak mengetahui keberadaan orang lain selain kelompok mereka sendiri.

Pulau Papua dan sekitarnya tak diragukan lagi akan keindahan juga kekayaan alamnya, pun kehidupan suku-sukunya sangatlah menarik. Suku Korowai tinggal di rumah pohon setinggi 15 hingga 50 meter.

Mereka punya pelajaran tentang kecintaan terhadap alam. Suku Korowai mendiami wilayah Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua.

Jika berkunjung ke rumah pohon Suku Korowai, traveler harus menyusuri hutan yang masih lebat dan liar.

Menjaga kelestarian alam adalah tanggung jawab dari Suku Korowai karena mereka sangat peduli dengan alam Papua.

Sepanjang jalan ke wilayah Suku Korowai dapat ditemukan satwa-satwa seperti burung urip atau nuri Papua, serangga hutan, kupu-kupu hutan dan bahkan burung cendrawasih yang berkeliaran bebas di hutan tersebut.

Pepohonan besar puluhan meter, terik matahari, serta udara yang sejuk akan mengiringi trekking Anda.

Mengenal rumah pohon Suku Korowai adalah bangunan yang sangat unik. Mereka membangun rumah di atas pohon supaya tidak terganggu dari serangan binatang buas.

Bahan yang digunakan untuk membuat rumah pohon tersebut berasal dari wilayah rawa dan hutan di sekitar mereka, seperti kayu, rotan, akar, dan ranting pohon. Bahan-bahan sederhana tersebut disatukan menjadi sebuah rumah yang kokoh.

Yang bikin takjub karena Suku Korowai bikin rumah tidak menggunakan paku, hanya diikat akar rotan. Anehnya rumah tersebut kuat dan tangganya merupakan bagian batang pohon atau langsung dari akar rotan.

Rumah ini terlihat cantik dan menempel di pohon dengan ketinggian 15 hingga 50 meter. Ketika Anda sudah berada di dalamnya bisa melihat hamparan hutan yang hijau juga lebat.

Suku Korowai hanya turun dari rumah untuk mencari makanan, seperti buah-buahan dan daging. Uniknya, mereka berburu hanya sedang jika lapar.

Selain itu, mereka juga tidak pernah menebang pohon sembarangan dan hanya menebang jika diperlukan secukupnya.

Tidak heran walau sudah ratusan tahun Suku Korowai menetap di hutan Papua namun hutannya masih lebat dan terjaga kelestarian flora dan faunanya.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...