Video Imam Tetap Lanjutkan Sholat di Tengah Gempa Lombok

by

Gempa berkekuatan 7 skala richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Bali pada Minggu malam, 5 Agustus 2018, sekira pukul 18.46 WITA.

Guncangan sangat dirasakan masyarakat yang tinggal di wilayah Lombok dan Bali. Masyarakat berhamburan khawatir bangunan roboh.

Kuatnya guncangan itu pun terekam dalam sebuah siaran langsung Facebook, yang menyiarkan jemaah tengah menunaikan salat Isya berjamaah.

Dalam video berdurasi 14 menit, peristiwa itu terjadi di Musala As Syuhada BLK, Jalan Imam Bonjol, Kota Denpasar, Bali, pada Minggu malam.

Dalam video tersebut, sang imam memulai salat dengan sejumlah makmum di belakangannya.

Sholat berjalan seperti biasa hingga rakaat pertama selesai. Imam kemudian berdiri dan memulai rakaat kedua dengan bacaan al-Fatihah.

Belum selesai imam membaca Alfatihah, tepatnya di menit 05.13 -dalam video tersebut- gempa mulai menggoncang. Guncangan mulai dirasakan para jemaah yang tengah menunaikan salat.

Jemaah awalnya berdiri seperti biasanya, namun beberapa detik kemudian, di menit 05.27, satu persatu jemaah berhamburan meninggalkan shafnya, hanya beberapa saja yang tetap bertahan melanjutkan salat bersama imam.

Sang imam dengan khusyuk tetap melanjutkan bacaan. Imam sempat terdiam setelah bacaan Alfatihah sembari tangan kirinya menempel di dinding untuk menahan agar tidak terjatuh. Imam melanjutkan bacaan surat Albaqarah (255) atau ayat Kursi.

Saat memulai ayat, guncangan semakin hebat. Imam sampai mengulang permulaah ayat Kursi hingga empat kali.

Jemaah yang tersisa segera merapatkan shaf yang kosong. Imam melanjutkan bacaan salat berjamaah hingga selesai.

Sebelumnya, gempa bumi 7 SR yang mengguncang wilayah di Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 5 Agustus 2018, pukul 18.46 WIB, memberikan dampak yang luas.

Hingga Senin dini hari, 6 Agustus 2018, pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia akibat gempa, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

Sumber: viva.co.id

Loading...
loading...
loading...