Untuk yang Masih Jomblo, Ini Doa Agar Mendapatkan Pasangan yang Baik

by -1,683 views
Film Maker Muslim

Ketua Takmir Masjid Istiqlal, KH Muhammad Adnan Harahap mengatakan, ikhtiar dalam mencari pasangan yang baik bagi dunia dan akhirat bisa diperoleh dari mana saja.

Asalkan dengan niat yang baik karena Allah.

“Selain meminta kepada Allah, coba minta dicarikan kepada orangtua maupun teman dekat. Tentunya baik dari agama dan akhlaknya untuk meraih pasangan hidup yang baik,” katanya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Kemudian, manusia pun diciptakan berpasang-pasangan. Allah SWT sudah menuliskan jodoh setiap insan di Lauful Mahfuz. Allah berfirman,

وَمِن كُلِّ شَىْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (QS. Adz Dzariyaat ayat 49).

Selain itu, kata Kiai Adnan, memperbanyak amalan saleh seperti salat sunah, puasa, hingga sedekah adalah suatu perbuatan yang akan mendekatkan jodoh yang baik.

Berikut ini adalah doa agar segera dipertemukan dengan jodoh:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi Habli Milladunka Zaujan Thoyyiban Wayakuuna Shoohiban Lii Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhiroh

Artinya:
“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Sementara, dikutip dari buku Fiqih Cinta karya Abdul Aziz Ahmad halaman 223, Rasulullah SAW pun menganjurkan agar melihat asal usul seseorang sebelum mereka menikah.

Di dalamnya dijelaskan: jika sepasang kekasih memiliki derajat yang sama, maka akan menjadi keseimbangan dan keselarasan di rumah tangga.

Sebaliknya, perbedaan derajat akan menimbulkan ketimpangan dan kesenjangan, seperti yang terjadi antara Zaid dan Zainab. Derajat yang dimaksud adalah:

  1. Pemahaman agama dan ketakwaan
  2. Tingkat intelektual
  3. Derajat kemuliaan keluanga atau kebangsawanan
  4. Harta
  5. Pasangan sifat; yaitu sifat saling mengisi dan menyeimbangkan, seperti yang telah dibahas pada bab satu.

Sumber: okezone.com

loading...
loading...