7 Buah Khas Indonesia yang Justru Jarang Diketahui Warganya, Kamu Juga Pasti Baru Tahu

by

Indonesia terkenal karena keberagamannya. Selain budaya yang kaya, aneka flora dan fauna juga beraneka ragam.

Soal makanan jangan tanya, tiap daerah dari Sabang sampai Merauke, begitu banyak masakan khas yang rasanya benar-benar enak. Kalau dihitung satu persatu, nggak bakal kelar deh. Demikian juga dengan buah khas Indonesia.

Ada beberapa buah yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Namun ternyata, warga Indonesia sendiri juga jarang mengetahui kalau ada buah tersebut di Negara kita.

Kira-kira, buah apa aja sih yang masih terkesan asing di telinga warga Indonesia? Ini nih beberapa contohnya.

Buah Manau

Kira-kira, kalian pernah denger buah Manau? Nggak semua orang familier dengan nama buah ini. Padahal, buah ini merupakan khas Indonesia.

Memang sih, buah ini tidak bisa dijumpai di semua daerah Indonesia. Buah ini juga tergolong langka. Lantas, seperti apa sih buah Manau?

Buah ini merupakan buah dari pohon rotan. Rasanya asam-asam manis. Dan ternyata, buah ini biasanya ada di Kepulauan Bangka, Kepulauan Belitung, Kalimantan dan Sumatera. Dilihat sekilas, buah ini terlihat seperti salak ya.

Buah Lai

Saat pertama kali melihat buah Lai, mungkin sebagian orang mengira kalau buah tersebut adalah durian. Namun, setelah kulit berdurinya dibuka, baru ketahuan bahwa buah Lai memiliki arora yang begitu menyengat seperti durian.

Untuk rasanya juga beda. Buah ini bisa ditemukan di Kalimantan. Sama seperti buah Manau, buah ini juga tidak tumbuh di semua daratan di Indonesia.

Buah Gandaria

Buah gandaria merupakan buah khas daerah tropis. Buah ini bisa dijumpai di Thailand, Indonesia dan Malaysia. Meski begitu, tidak semua warga Indonesia mengenal buah satu ini loh.

Buah yang memiliki bentuk seperti kelereng ini tumbuh subur di Ambon. Memang sih, buah ini juga tumbuh di Jawa, Sumatra, Papua, Sulawesi dan Kalimantan.

Tapi ternyata masih banyak orang yang agak asing dengan buah satu ini. Kira-kira, kamau kenal nggak dengan buah satu ini

Buah Menteng

Buah ini memiliki beberapa nama lain seperti kemundung atau kepundung. Buah yang berbentuk kecil mirip dengan duku ini mempunya pohon yang sangat besar loh.

Meski penampilan buah ini mirip dengan duku, tapi rasanya jauh berbeda loh. Rasanya lebih ke asam-asam manis. Dulu, buah menteng sering ditanam di pekarangan rumah.

Namun sekarang, sulit menemui buah ini karena desakan penduduk dan penanaman buah lain yang lebih disukai.

Padahal tumbuhan ini asli Jawa. Namun, kadang masih terlihat ada orang yang menjual buah ini di sekitar Bogor dan Jakarta.

Buah Kepel

Siapa yang masih asing dengan buah ini? Padahal, dulunya buah ini merupakan kegemaran para putri keraton loh. Dahulu, buah ini digunakan sebagai deodorant alami para putri.

Makanya, pohon buah kepel kerap ditanam di halaman keraton. Hanya dengan memakan buah kepal yang sudah masak, para putri sudah sudah bisa memiliki bau seperti bunga viola. Keringatnya harum, napasnya juga wangi.

Bener-bener buah yang ajaib ya. Jadi pengen juga makan buah ini kan ya. Buah ini berasal dari DI Yogyakarta. Kira-kira, saat ini masih ada yang jual nggak ya?

Buah Rukem

Buah rukem merupakan buah legendaris yang ngehist di kalangan anak 90-an. Meski dulu sempat populer, namun saat ini buah ini jarang dijumpai.

Karena jarang yang membudidayakan, tak heran jika kids jaman now jarang ada yang tau buah ini.

Buah ini cukup unik, karena dia butuh dipijit-pijit dulu sebelum dinikmati, dengan memberikan pijatan pada buah kecil ini, rasa asamnya bisa hilang. Kalau kalian anak angkatan 90-an, mungkin masih ingat dengan buah ini?

Buah Matoa

Buah ini sangat jarang diketahui warga Indonesia karena berasal dari Papua. Terlebih, buah ini hanya akan berbuah setahun sekali.

Meski buahnya kecil, namun matoa memiliki pohon yang sangat tinggi. Kalian tau berapa rata-rata tinggi pohon matoa? Ternyata bisa sampai 18 meter. Wow, tinggi banget kan?

Buah kecil ini memang bisa dibeli online, tapi harganya juga lumayan mahal sih. Makhlum, karena langka dan hanya berbuah setahun sekali.

Itulah tujuh buah khas Indonesia yang ternyata jarang diketahui oleh warga penduduk dalam negeri. Kira-kira, kalian pernah menemui buah yang lebih langka lagi nggak sih? Coba share dong!

Sumber: boombastis.com

Loading...
loading...
loading...