Tubuhnya Berubah Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Ini yang Dirasakan Ridwan Kamil

by -4,015 views

Usai dirinya disuntik pertama sebagai peserta Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19.

Hal itu diungkapkan Gubernur saat diwawancarai wartawan, dalam acara Tahlilan dan Jumenengan di Keraton Kasepuhan Cirebon Minggu, 30 Agustus 2020.

“Sekarang ngantuk terus terutama selepas waktu magrib, jujur salah satunya yang saya rasakan padahal biasanya jarang. Nyut-nyutan sudah hilang, pegal-pegal juga sama sudah hilang, makan agak berbeda sekarang lebih banyak makan,” katanya.

Kang Emil sapaan akrabnya meminta doanya, karena syaratnya sendiri yaitu dua kali disuntik.

Nanti darahnya diambil apakah kuat terhadap covid-19, jika itu kuat berarti berita gembira baginya.

“Kemudian Januari tahun depan bisa produksi bagi masyarakat semua. total relawan sendiri jumlahnya yaitu 1.620 dan sampai tanggal 31 masih dibuka relawan.

Karena tidak semua yang terdaftar itu lolos, jadi kalau fisiknya kurang bagus bawa penyakit walaupun dia mendaftar dipastikan tidak lolos,” jelasnya.

Sebelumnya Ridwan Kamil menyampaikan dirinya sudah mendaftar sebagai relawan untuk uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech, yang mulai disuntikkan ke manusia pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Penyuntikan vaksin baginya berlangsung di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran bareng dengan 21 orang lain.

Meski sudah mendaftar, Ridwan mengaku dirinya belum mengetahui apakah lolos sebagai relawan untuk melanjutkan proses uji klinis atau tidak.

Pendaftaran itu, sambung dia, merupakan dukungan sekaligus bentuk kepercayaan pada tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

“Kalau pemimpin ikut, rakyat yakin bahwa semua berproses secara ilmiah. Tidak ada istilah masyarakat untuk dikorbankan,” ujar Ridwan.

Apabila dirinya lolos dan dipanggil sebagai salah satu relawan, Ridwan mengaku siap menyampaikan prosesnya kepada publik.

“Kalau berhasil, saya sampaikan. Kalau tidak berhasil saya sampaikan kurang berhasil. Kita ikhtiar,” tuturnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat sebaiknya tetap percaya kepada pemerintah, yang mengusahakan hal terbaik seperti menanti proses kehadiran vaksin dalam menangani Covid-19 ini.

Sumber: pikiran-rakyat.com

loading...
loading...