Tidak Sholat Subuh Karena Ketiduran Setelah Tahajud, Ini Jawabannya

by -578 views

Qiyamullail atau sholat tahajud punya keutamaan penting setelah sholat wajib.

Namun bagaimana jika seseorang meninggalkan sholat subuh karena ketiduran setelah sholat tajahud.

Ya, kebanyakan muslim setelah melakukan sholat tahajud, kembali melanjutkan tidurnya lagi. Akhirnya mereka tidak melaksanakan sholat subuh.

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Sholat yang paling utama setelah yang fardhu adalah sholat malam.”

Sholat tahajud dengan sholat subuh memang sangat berdekatan.

Subuh adalah salah satu waktu Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan sholat kala itu.

Allah Ta’ala berfirman,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Shubuh. Sesungguhnya sholat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Padahal banyak keutamaan yang bisa didapat apabila seseorang mengerjakan sholat subuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Dikutip dari channel YouTube Al-Bahja TV Kamis (3/9/2020), Buya Yahya memberikan solusi agar tetap melaksanakan sholat subuh, yang sebelumnya juga melakukan sholat tahajud.

Salah satu caranya dengan meminta tolong kepada siapapun untuk kembali membangunkan Anda untuk melaksanakan sholat subuh. Itu adalah salah satu upaya Anda untuk tetap bisa melaksanakan sholat 5 waktu.

Pilihan lainnya adalah lebih baik Anda melaksanakan sholat subuh tepat waktu, dibanding sholat tahajud sebelumnya, namun tertidur kembali sampai tidak melaksanakan sholat subuh.

Dahulukan keutamaan sholat subuh terlebih dahulu. Apabila bisa ditambahkan dengan sholat tahajud, maka keistimewaan dan derajatnya akan dinaikkan oleh Allah SWT.

Sumber: okezone.com

loading...
loading...