Tetap Dapat Pahala Sholat Berjamaah Meski Tidak ke Masjid Karena Ada Halangan

by -1,240 views

Jika anda sudah terbiasa sholat berjamaah di masjid atau musholla terdekat, lalu tidak bisa ke masjid maka tidak usah khawatir.

Karena meski anda menjalankan sholat sendirian di rumah tetap mendapat pahala sholat berjamaah di masjid, jika ada udzur atau halangan, seperti takut terjangkit wabah atau virus dari orang lain.

Berikut dalilnya berdasarkan hadits Nabi Muhammad dari riwayat Bukhari:

ﻗَﺎﻝَ: ﺇِﺑْﺮَاﻫِﻴﻢُ ﺃَﺑُﻮ ﺇِﺳْﻤَﺎﻋِﻴﻞَ اﻟﺴَّﻜْﺴَﻜِﻲُّ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺃَﺑَﺎ ﺑُﺮْﺩَﺓَ، ﻭَاﺻْﻄَﺤَﺐَ ﻫُﻮَ ﻭَﻳَﺰِﻳﺪُ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﻛَﺒْﺸَﺔَ ﻓِﻲ ﺳَﻔَﺮٍ، ﻓَﻜَﺎﻥَ ﻳَﺰِﻳﺪُ ﻳَﺼُﻮﻡُ ﻓِﻲ اﻟﺴَّﻔَﺮِ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻪُ ﺃَﺑُﻮ ﺑُﺮْﺩَﺓَ: ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺃَﺑَﺎ ﻣُﻮﺳَﻰ ﻣِﺮَاﺭًا ﻳَﻘُﻮﻝُ: ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ: «ﺇِﺫَا ﻣَﺮِﺽَ اﻟﻌَﺒْﺪُ، ﺃَﻭْ ﺳَﺎﻓَﺮَ، ﻛُﺘِﺐَ ﻟَﻪُ ﻣِﺜْﻞُ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻌْﻤَﻞُ ﻣﻘﻴﻤﺎ ﺻَﺤِﻴﺤًﺎ»

Ibrahim, Abu Ismail As-Saksaki mendengar Abu Burdah bahwa ia menemani Yazid bin Abi Kabsyah dalam perjalanan. Yazid melakukan puasa. Abu Burdah berkata bahwa ia mendengar berkali-kali dari Abu Musa bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika seseorang sakit atau bepergian maka dia dicatat seperti pahala orang yang melakukan amal ibadah dalam keadaan berdomisili dan sehat” (HR Bukhari)

Secara tekstual hadits diatas memang lebih mengarah pada pengerjaan puasa. Tapi setelah digali lebih dalam oleh para ulama, hadits diatas juga bisa merujuk pada pengerjaan ibadah sholat.

Berikut dalil selengkapnya dari kitab Fathul Bari seperti dikutip dari dari laman assalaf.id:

ﻭَﻗَﺎﻝَ اﻟﺴُّﺒْﻜِﻲُّ اﻟْﻜَﺒِﻴﺮُ ﻓِﻲ اﻟْﺤَﻠَﺒِﻴَّﺎﺕِ ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﻋَﺎﺩَﺗُﻪُ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔً ﻓَﺘَﻌَﺬَّﺭَ ﻓَﺎﻧْﻔَﺮَﺩَ ﻛُﺘِﺐَ ﻟَﻪُ ﺛَﻮَاﺏُ اﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ

As-Subki senior berkata dalam Al-Halabiyat: “Seseorang yang kebiasaan shalat berjamaah kemudian kesulitan melakukan jamaah -ia pun shalat sendirian- maka tetap dicatat pahala berjamaah” (Fathul Bari 6/137)

Untuk menguatkan pendapat tersebut, berikut ini pendapat serupa dari al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani:

ﻭَﺃَﻳْﻀًﺎ ﻓَﻔَﻀْﻞُ اﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺣَﺎﺻِﻞٌ ﻟِﻠْﻤَﻌْﺬُﻭﺭِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﻴَﺄْﺗِﻲ ﻓِﻲ ﻫَﺬَا اﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻣِﻦْ ﺣَﺪِﻳﺚِ ﺃَﺑِﻲ ﻣُﻮﺳَﻰ ﻣَﺮْﻓُﻮﻋًﺎ ﺇِﺫَا ﻣَﺮِﺽَ اﻟْﻌَﺒْﺪُ ﺃَﻭْ ﺳَﺎﻓَﺮَ ﻛُﺘِﺐَ ﻟَﻪُ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻌْﻤَﻞُ ﺻَﺤِﻴﺤًﺎ ﻣﻘﻴﻤﺎ

Keutamaan pahala jamaah tetap diperoleh bagi orang yang mendapat uzur, berdasarkan hadis yang terdapat dalam riwayat Al Bukhari dari Abu Musa secara marfu’: “Jika seseorang sakit atau bepergian maka dia dicatat seperti pahala orang yang melakukan amal ibadah dalam keadaan berdomisili dan sehat” (Fathul Bari 2/136)

loading...
loading...