Tali Kafan Dicuri Meski Makam Sudah Dijaga 7 Hari, Petani yang Curiga Ungkap Kebenarannya

by -1,748 views

Warga Desa Medalem, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur digegerkan oleh pencurian tali pocong atau tali kain kafan jenazah.

Tali kafan yang dicuri ialah milik Almarhum Janji, yang meninggal pada Kamis Kliwon (19/7/2018).

Peristiwa pencurian diduga terjadi Jumat (27/7/2018) malam saat keluarga dan warga tidak ada yang menjaga makam.

Keluarga baru mengetahui jika tali kafan milik Janji dicuri orang sehari setelah ada saksi yang menuturkan jika ada yang aneh di makam Janji.

Dilansir Tribun-Video.com dari Surya.co.id, hal ini pertama kali diketahui oleh Suryat, yang melihat adanya kejanggalan di makam Janji.

Suryat bekerja sebagai petani yang sawahnya berada di samping makan Janji. Ia curiga lantaran di kuburan tersebut ada bekas galian.

Dirinya kemudian memberitahukan hal tersebut kepada Mujiono, kerabat Janji.

Setelah dicek, ternyata benar, ada bekas galian serta terdapat batok kelapa di sekitar makam yang diduga digunakan untuk mengeruk tanah.

Di pinggir makam juga terdapat bekas kaki pelaku yang masih tertinggal. Tanah di permukaan makam pun berbeda dari bentuk saat terakhir kali dijaga.

Kemudian keluarga membongkar makam almarhum untuk memastikannya, dan teryata benar, tiga tali kafan hilang.

Setelah adanya peristiwa tali kafan yang hilang, keluarga baru menarik ingatan ke belakang bahwa sebelumnya ada keanehan dan hal janggal saat keluarga menjaga makam.

Hal janggal tersebut diasumsikan sebagai adanya seseorang yang sengaja ingin mengusir para penjaga kuburan untuk tidak menjaga lagi.

Mengenai kejadian ini, keluarga mengaku ikhlas dan tidak akan memperpanjang persoalan tersebut.

Istri almarhum, Buarah, berpesan agar makam sebaiknya dijaga sampai 40 hari jika ada yang meninggal pada Malam Jumat Legi.

Simak videonya dibawah ini:

Sumber: tribunnews.com

loading...
loading...