TafsirWeb.com Solusi Umat Islam Mempelajari Tafsir Al-Qur’an Secara Online

by

Kita sebagai masyarakat awam tentu saja tidak bisa langsung memahami isi al-Qur’an, meski pun (sekarang) banyak terjemahan al-Qur’an.

Arti dan terjemahan al-Qur’an tidak bisa diartikan secara harfiyah saja, karena bahasa al-Qur’an bahasa Allah yang penuh dengan makna tinggi dan butuh penafsiran, yang tidak bisa ditafsirkan oleh sembarang orang.

Disitulah letak pentingnya sebuah tafsir atau kumpulan tafsir dari ayat per ayat al-Qur’an. Penafsir disini tentu saja sudah menguasai bahasa Arab dan ilmu nahwu yang menjadi tulang punggung dalam memahami bahasa Arab yang baik.

Jika sebelum era internet merebak seperti sekarang, mungkin generasi sebelum kita sudah terbiasa dengan kita-kitab tafsir al-Qur’an yang super tebal hingga ribuan halaman, yang tidak sembarang orang memilikinya karena harganya yang cukup mahal.

Karena adanya internet dan didukung dengan biaya internet murah di Indonesia, siapa pun (sekarang) bisa belajar dengan mudah, termasuk membaca dan mempelajari arti al-Qur’an lewat tafsir lebih gampang.

Tafsirweb.com hadir sebagai solusi bagi umat Islam yang selama ini kesulitan mencari rujukan tafsir al-Qur’an yang akurat dan kredibelitasnya bisa dipertanggung jawabkan.

Situs online yang fokus pada tafsir al-Qur’an memiliki tampilan minimalis yang bisa diakses dari semua perangkat dengan mudah.

Selain itu, kecepatan tafsirweb.com saat diakses melalui HP dan komputer jadi pendukung utama bagi umat Islam yang tinggal di pedesaan yang kualitas internetnya tidak secepat di perkotaan.

Bukti bawah tafsirweb.com ini dikerjakan dengan serius, saat pekan pertama launching sudah langsung mengeluarkan 180-an ayat pertama yang sudah dilengkapi dengan tafsirnya.

Tidak hanya itu, situs web tesebut juga akan menyajikan 6.236 artikel dan semuanya fokus di tafsir Qur’an.

Tentunya artikel tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, mari kita dukung terus agar pengembangan situs ini semakin inten dan pihak pengelola semakin semangat mengerjakannya.

Langkah awal yang dilakukan oleh pihak tafsirweb.com, merjemahkan:

  • Tafsir al-Muyassar karya Syaikh Dr. Shalih Alu Syaikh, Menteri Urusan Islam, Dakwah, Wakaf dan Irsyad Saudi Arabia hingga 1436 H.
  • Tafsir as-Sa’di karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Naashir as-Sa’di, wafat 1376 H. Kitab ini sering dikaji di Masjid Nabawi – Madinah
  • Tafsir al-Aisar karya Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pakar tafsir Kota Madinah, pengajar di Masjid Nabawi, wafat 1439 H

Untuk melihat melihat contoh tafsirnya anda bisa langsung menujut link berikut: https://tafsirweb.com/44-surat-al-fatihah-ayat-1.html

Untuk memperkaya khazanah keilmuan tafsir al-Qur’an, pihak TafsirWeb terus menambah refrensi dari kitab-kitab/tafsir qur’an karya ulama besar terpercaya dan terkemuka.

Beberapa referensi yang sedang dikerjakan (saat artikel ini ditulis) dan akan terus bertambah antara lain:

  • al-Aisar / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mufassir Masjid Nabawi – Madinah, wafat 1439 H
  • al-Muyassar / Dr. Shalih Alu Syaikh et al., Menteri Agama KSA, diangkat 1420 H
  • as-Sa’di / ‘Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, pakar tafsir kontemporer, wafat 1376 H
  • Ibnu Katsir / Ibnu Katsir, wafat 774 H, diringkas Shafiyurrahman al-Mubarakfuri et al.
  • Juz ‘Amma / Prof. Dr. Shalih Fauzan, anggota Komite Fatwa KSA, diangkat 1412 H
  • Juz ‘Amma / M. Shalih al-Utsaimin, anggota Dewan Ulama Senior KSA, wafat 1421 H

Loading...
loading...
loading...