Sholat Qabliyah Ashar, 2 Rakaat Atau 4 Rakaat?

by

Melaksanakan shalat wajib saja, tentu akan terasa tidak lengkap. Kita perlu melaksanakan ibadah-ibadah sunnah.

Kenapa? Ini karena kita tak pernah tahu apakah shalat wajib yang kita laksanakan itu diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala ataukah tidak.

Oleh sebab itu, lengkapilah shalat wajib dengan melaksanakan shalah sunnah. Ada berbagai macam shalat sunnah yang bisa kerjakan. Salah satunya shalat sunnah qabliyah ashar.

Pertanyaan seputar shalat qabliyah ashar di antaranya adalah jumlah rakaat seharusnya, dua atau empat?

Cara mengerjakan qabliyah ashar bisa dengan dua rakaat salam, dua rakaat salam.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى

“Shalat (sunnah) malam dan siang hari adalah dua rakaat salam, dua rakaat salam.” (HR. Abu Daud, no. 1295; Tirmidzi, no. 597; An-Nasa’i, no. 1667. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Hadits yang menyatakan cara mengerjakan shalat qabliyah ashar sebanyak empat rakaat dengan tiap dua rakaat salam diriwayatkan  Ali Bin Abi Thalib menyatakan,

وَأَرْبَعًا قَبْلَ الْعَصْرِ يَفْصِلُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ بِالتَّسْلِيمِ

“Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat qabliyah ‘Ashar sebanyak empat rakaat, dipisah antara dua rakaat dengan salam.” (HR. Ibnu Majah, no. 1161).

Hadits ini dijadikan dalil oleh madzhab Syafi’i bahwa qabliyah ashar itu empat rakaat dan termasuk shalat sunnah rawatib. (Lihat Syarh Sunan Abi Daud li Ibni Ruslan, 6:333-334).

Lalu bolehkah mengerjakan shalat sunnah qabliyah Ashar dua rakaat?

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha disebutkan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْعَصْرِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan dua rakaat qabliyah ‘Ashar. ” (HR. An-Nasa’i, no. 581 dan Ahmad, 6:306. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyatakan bahwa hadits ini shahih).

Secara tekstual yang dimaksud hadits di atas, shalat qabliyah ashar adalah dua rakaat. Lihat Syarh Shahih Muslim, 6:110.

Wallahu a’lam.

Sumber: islampos.com

Loading...
loading...
loading...