Sering Insomnia, Tak Bertenaga, dan Sakit Kepala, Bisa Jadi Anda Kurang Mengonsumsi Nutrisi Ini

by

Insomnia, tak bertenaga, dan sakit kepala sering dianggap sebagai efek dari terlalu lelah bekerja. Padahal tanpa kita sadari, kita kekurangan zat-zat yang baik bagi tubuh.

Zat-zat ini dapat kita peroleh dari makanan sehari-hari. Dilansir dari brightside.me, mungkin kekurangan zat ini menyebabkan anda mengalami hal tersebut.

1. Magnesium
Manfaat
Setidaknya 300 reaksi kimia yang berbeda dalam tubuh kita melibatkan magnesium. Magnesium membantu mengubah makanan menjadi energi menciptakan protein baru dari asam amino.

Magnesium digunakan untuk menghilangkan kecemasan, stres, dan mengatasi kelelahan. Magnesium dapat mencegah seringnya sakit kepala dan membantu mengobati migrain. Tingkat magnesium yang rendah dapat menyebabkan depresi dan insomnia.

Sumber
Rekomendasi magnesium RDA adalah 400 mg untuk pria berusia 19-30 dan 420 mg untuk yang lebih tua, sedangkan wanita 310 mg untuk usia 19-30 dan 320 mg untuk yang lebih tua. Magnesium dapat diperoleh dari: bayam, kacang, nasi merah, roti gandum, ikan, danging, dan alpukat.

2. Vitamin K
Manfaat
Vitamin K mensintesis protein yang penting untuk menggumpalkan darah dan menghentikan perdarahan. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan memar atau pendarahan yang berlebihan.

Manfaat lain dari vitamin K yang telah diajukan namun belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah adalah penurunan risiko penyakit Alzheimer dan kanker prostat.

Bersama vitamin D masuk ke tulang membuat tulang anda lebih kuat. Kadar vitamin K yang rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko patah tulang.

Sumber
Rekomendasi kalsium RDA bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan berat badan. Namun, panduan sederhana untuk orang dewasa (diambil dari NHS Inggris) adalah 0,001 mg vitamin K untuk setiap 1 kg (2,20 lbs) berat badan.

Vitamin K dapat diperoleh dari: kangkung, bayam, daun bawang, seledri, kedelai, kol, cabai, mentimun dll. Jika anda ingin mengonsumsi magnesium dan vitamimin K dalam bentuk suplemen mintalah saran dokter.

Penggunaan vitamin dan microelemen medis secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping dan berinteraksi dengan obat lain.

Sumber: intisari.grid.id

Loading...
loading...
loading...