Selain Manis Segar, 8 Buah Kaya Potasium Ini Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi

by

Hipertensi bisa dicegah dengan mengonsumsi buah. Yang paling baik adalah memilih buah dengan kadar potasium tinggi.

Hipertensi merupakan kondisi kelainan dinding arteri yang membuat tekanan darah meningkat melebihi batas normal.

Tekanan darah dapat dikatakan tinggi jika melewati batas 180/190. Hipertensi memang tidak memiliki gejala khusus, namun kondisi ini dapat menimbulkan risiko lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Hipertensi bisa dicegah dengan mengatur pola makan seperti tidak melahap makanan tinggi garam dan gula.

Yang disarankan adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan potasium. Menurut American Heart Association, kandungan potasium yang harus dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 4,700 mg per hari.

Potasium akan secara efektif mengurangi kenaikan tekanan darah yang disebabkan oleh kandungan garam dalam makanan yang dikonsumsi.

Potasium merupakan mineral yang dapat mengurangi efek negatif dari garam di dalam tubuh dan melindungi jantung dan ginjal.

Potasium dapat diperoleh dari buah-buahan terteentu. Berikut beberapa buah yang kaya akan kandungan potasium, seperti dirangkum NDTV (3/4)
berikut:

1. Jeruk
Buah oranye ini sangat mudah didapatkan di berbagai negara. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap 100 gram buah jeruk cerah dan kaya vitamin C terdapat setidaknya 181 mg mineral.

Anda dapat menkonsumsi jeruk secara utuh, dijus, atau dicampurkan dengan salad buah dan sayur.

2. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang paling kaya akan potasium. Dalam 100 gram buah pisang, terdapat 358 mg potasium.

Pisang direkomendasikan untuk dikonsumsi di pagi hari untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah.

3. Aprikot
Aprikot yang merupakan buah dengan aroma manis, lembut, dan menggiurkan ini ternyata sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Satu buah aprikot mengandung 259 mg potasium. Selain dikonsumsi langsung, Anda dapat megolah aprikot menjadi selai atau topping sajian oatmeal.

4. Alpukat
Dewasa ini, alpukat telah menjadi buah yang sangat populer. Bagaimana tidak, tekstur lembut dan kandungan nutrisi di dalamnya sangat diburu oleh banyak orang.

Alpukat mengandung potasium yang bahkan lebih tinggi dari pisang yakni 458 mg per 100 gram sajian. Cara mengonsumsinya pun sangat beragam, mulai dari salad, smoothie yang manis, hingga isian roti lapis.

5. Tomat
Meskipun dikonsumsi seperti sayur, secara teknis tomat merupakan buah. Dalam 100 gram tomat terdapat 237 mg potasium. Tomat dapat diolah menjadi sup, hingga topping pizza.

Atau anda juga dapat menjadikannya jus yang segar dengan tambahan madu. Tomat dapat menurunkan tekanan darah namun harus diperhatikan kandungan garam dalam pengelolaannya karena dapat menghilangkan efek baik dari tomat.

6. Jambu biji
Buah dari daerah tropis ini memiliki manfaaat yang melimpah bagi kesehatan. Meskipun sesama sumber vitamin C, jambu biji memiliki kandungan potasium yang cenderung lebih tinggi dari pada jeruk. Jambu biji mengandung 417 mg potasium per 100 gram sajian.

7. Delima
Biji-biji berwarna merah terang didalam buah delima memang sangat lezat dijadikan topping salad, smoothie bowl, bahkan kari dan sup. 100 gram delima mengandung 236 mg potasium yang menjadikannya berguna untuk mencegah dari penyakit.

8. Kiwi
Buah berwarna hijau cerah atau kuning ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Dengan mengkonsumsi 100 gram kiwi, Anda akan mendapatkan 312 mg kebaikan yang berasal dari potasium.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...