Relevansi Pancasila Dengan Prinsip-prinsip Islam

by -875 views

Pancasila sebagai ideologi dan falsafah Negara adalah merupakan hasil perenungan dan pemikiran yang mendalam manusia Indonesia.

Sedangkan agama adalah berasal dan bersumber dari Allah Tuhan Yang Maha Esa untuk menjadi pedoman hidup manusia yang akan mendatangkan kesejahteraan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Lalu mengenai hubungan pancasila dan Islam yang memaknai rumusan  kata “ideologi” , yang berhubungan dengan cita-cita dan progam perjuanganya, strategi serta sasarannya dan lain-lain.

Islam sendiri adalah agama universal, ajaran-ajarannya bersifat menyeluruh, meliputi aspek-aspek aqidah, ibadah, akhlak mu’ammalah atau kemasyarakatan.

Pemeluknya tidak dilarang berfilsafat, berideologi, berbudaya, berdasarkan pandangan Negara dan sebagainya asal itu tidak bertentangan dengan ajarannya, serta dapat menempatkan agama didalamnya.

Karena dewasa ini antara Pancasila dengan Islam dijadikan pertentangan atau tidak cocok untuk umat Islam Indonesia yang didengungkan oleh sebagian orang atau sekelompok kecil orang-orang yang tidak mengerti akan jatidiri bangsa Indonesia. Padahal itu merupakan saripati atau kristalisasi pikiran manusia-manusia Indonesia.

Disinilah peran sentral 2 Ormas Islam besar negeri ini yaitu NU dan Muhammadiyah dalam menjaga serta mentransformasikan nilai-nilai Pancasila kedalam hidup dan perilaku masyarakat Indonesia serta dapat menjadi sumber dari segala sumber hukum bagi negara Republik Indonesia.

Yang mana beberapa tahun terakhir adanya kelompok seperti HTI yang bebas menyebarkan ide Khilafah yang absurd dan tak lain adalah Ideologi transnasional yang di negara asalnya saja dilarang yaitu Palestina.

Adapun tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah yang ikut merumuskan Pancasila sebagai falsafah negara diantaranya mewakili NU dan Muhammadiyah adalah K.H. Wachid Hasyim  mewakili NU (Nahdhlatul Ulama ) dan Abdul Kahar Muzakkir mewakili Muhammadiyah.

Sumber: dutadamai.id

loading...
loading...