PVMBG: Dentuman di Jabodetabek Bukan Karena Erupsi Anak Krakatau

by -5,341 views

Sejumlah warga di wilayah Depok, Bogor, hingga Jakarta mendengar suara dentuman sejak pukul 02.00 WIB dini hari, Sabtu (11/4).

Kepala Bidang Gunung Api Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan membantah jika suara tersebut berasal dari Gunung Anak Krakatau yang erupsi sejak Jumat (10/4) pukul 23.35 WIB.

“Saat ini masih terjadi erupsi, ini tipikal erupsi dengan kondisi gas yang relatif sedikit. Sehingga kalau dikaitkan dengan kejadian dentuman di Jakarta, ini sangat sulit dibayangkan,” kata Hendra saat wawancara langsung di Radio Elshinta, Sabtu (11/4).

“Saya kira bukan (karena Gunung Anak Krakatau). Terlalu jauh,” imbuhnya.

Ia menyebut, saat ini Gunung Anak Krakatau memang masih mengalami erupsi. Namun, kondisinya masih relatif aman karena saat ini erupsi lebih didominasi dengan semburan lava.

“Ini membuktikan secara visual atau secara instrumental tekanannya tidak terlalu besar, sehingga wajar jika tidak terjadi dentuman di pos pengamatan di Pantai Carica. Jadi aneh juga kalu kedengaran sampai Depok karena yang dekat saja enggak kedengaran,” jelasnya.

Suara dentuman terdengar di sejumlah wilayah Jakarta, Depok hingga Bekasi pada Sabtu (11/4) dini hari. Bahkan kaca rumah pun sampai bergetar dan membuat warga terbangun.

“Di tempatku juga kaca jendela udah sejaman ini goyang-goyang, meski ada jedanya,” ungkap Anton William, karyawan kumparan yang tinggal di Pasar Minggu, Jaksel.

Hal serupa juga dirasakan Fajar Budiono, warga yang tinggal di Pondok Indah. Ia bahkan sampai terbangun akibat mendengar suara tersebut mulai pukul 01.30 WIB.

“Ada kayak dentuman gitu. Enggak gede. Tapi bikin kaca getar,” ujar Fajar Budiono.

Dentuman terseut juga terdengar di Depok dan Bogor. Menurut salah satu warga Sentul City, Kabupaten Bogor, Lia, tak hanya mendengar dentuman, kaca rumahnya juga bergetar.

“Tidak terdengar dentuman, tapi kaca rumah berdetak. Sempat hilang, kemudian timbul lagi,” kata Lia.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab dentuman tersebut terjadi. Namun, di media sosial, banyak warga yang mengaitkan kejadian ini dengan erupsi Gunung Anak Krakatau.

Sumber: kumparan.com

loading...
loading...