Puasa Bisa Atasi Pembekuan Darah

by

Gangguan pembekuan darah adalah kondisi ketika darah yang seharusnya mengalir dengan lancar pada seluruh bagian tubuh kita, tiba-tiba berhenti dan mengental pada beberapa bagian pembuluh tertentu. Bisa terjadi di pembuluh darah jantung atau pembuluh darah kaki.

Dengan demikian, kelancaran aliran darah menjadi faktor penting untuk kesehatan tubuh dimana seluruh organ akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pembekuan darah dapat disebabkan oleh faktor penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, antara lain penyakit jantung, kanker, merokok, dan juga adanya faktor genetik.

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr Jalal Saur, seorang spesialis penyakit dalam di RS Faishal Arab, mengemukakan fakta dari hubungan puasa dengan pembekuan darah. Beliau mengungkapkan bahwa sekitar 247 pasien yang ia tangani sembuh dari gangguan pembekuan darah yang diketahui melalui kondisi jantung mereka. Dimana sekitar 42 orang lainnya mengalami gangguan pembekuan darah yang cukup parah pada pembuluh vena, baik yang disertai penyumbatan ataupun tidak.

Dalam laporan penelitiannya, Dr Jalal Saur mengungkapkan bahwa sebagian besar umat Islam yang menjalankan puasa selama sebulan penuh setiap tahun pada bulan Ramadhan dapat memengaruhi aktivitas organ-organ tubuh dan durasi juga ritme tidur mereka.

Hal ini disebabkan karena adanya perubahan waktu makan dan minum, jenis makanan, dan kuantitasnya. Sehingga, sangat dimungkinkan puasa berpengaruh besar terhadap kemampuan tubuh untuk menjaga dirinya sendiri dari kemungkinan risiko pembekuan darah yang terjadi ketika metabolisme tubuh beristirahat selama berpuasa, ketika detak jantung menurun, dan juga ketika tubuh diliputi kelelahan.

Dr Jalal selalu menyarankan kepada para pasien yang menderita pembekuan darah untuk berpuasa. Puasa tidak akan membahayakan kesehatan mereka. Dan kabar baiknya adalah, ketika hal itu dilakukan, tidak ditemukan seorang pun pasien yang mengeluh bertambahnya intensitas pembekuan darah mereka.

Selamat sehat

Sumber: inilah.com

Loading...
loading...
loading...