Pria Ini Kaget Foto Kakinya yang Diamputasi Jadi Peringatan di Bungkus Rokok

by

Seorang pria di Prancis terkejut setelah mendapati foto kakinya yang diamputasi digunakan sebagai tanda peringatan di bungkus rokok. Foto itu dipasang tanpa persetujuannya.

Foto itu dipasang di setiap bungkus rokok yang dipasarkan di Uni Eropa dengan pesan, ‘merokok dapat menyumbat pembuluh darah Anda’.

Pria asal Albania yang tinggal kini tinggal di Metz, Prancis, itu mengaku kehilangan kaki akibat perang pada 1997 di negaranya.

Pengacaranya sudah menghubungi Komisi Uni Eropa untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Foto itu pertama kali diketahui oleh putranya ketika membeli rokok pada tahun lalu di Luxemburg. Dia membawa pulang dan dilihat oleh ayahnya. Setelah diteliti lebih seksama, pria itu memastikan gambar di foto itu benar-benar kakinya.

Dia tidak pernah memberikan persetujuan soal pencatuman fotonya. Foto tersebut diambil di rumah sakit sebagai pemeriksaan untuk pemasangan kaki palsu.

“Ini lumayan luar biasa seseorang mendapati dirinya di bungkus rokok yang dijual di seluruh Uni Eropa tanpa persetujuan. Klien saya merasa dikhianati dan direndahkan martabatnya dengan melihat kecacatannya ditampilkan pada bungkus-bungkus rokok,” kata pengacara pria itu, Antoine Fittante, dikutip daro¬†BBC, Kamis (18/7/2019).

Menurut Fittante, Komisi Uni Eropa biasanya hanya menggunakan foto dari database yang sudah diverifikasi dengan persetujuan dari orang yang ditampilkan di dalamnya.

Dia sudah menulis surat ke rumah sakit untuk mendapat informasi bagaimana bisa foto-foto itu digunakan.
.
Sumber: inews.id

Loading...
loading...
loading...