Potret Pilu Guru Honorer di Pandeglang Bergaji Rp350 Ribu per Bulan, Bertahun-tahun Tinggal di Toilet Sekolah

by

Seorang guru SD di Pandeglang mendadak jadi sorotan dan viral di media sosial karena kehidupannya yang memprihatinkan.

Ya, guru honorer bernama Nining Suryani yang mengajar di SDN Karyabuana 3 Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten tersebut tinggal di toilet sekolah.

Tiap bulannya, wanita berusia 44 tahun tersebut hanya digaji Rp350 per bulan. Nominal yang kecil untuk menghidupi ia dan keluarganya.

Guru honorer di Pandeglang itupun berharap dirinya bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil lantaran sudah mengabdi selama 15 tahun di sekolah tersebut.

“Kalaupun tidak diangkat, tidak apa-apa, setidaknya ada kebijakan dari pemerintah berapa kenaikannya, mau besar mau kecil, saya terima dengan ikhlas,” tutur Nining, Senin (15/7/2019).

Berbagai upaya sudah dilakukan agar dirinya bisa naik gaji, termasuk kuliah lagi agar memperoleh gelar sarjana.

Untuk mencukupi kebutuhan hidup, guru honorer tinggal di toilet sekolah itu mengandalkan gajinya. Sebab, sang suami, Ebi (46) bekerja serabutan dengan penghasilan yang tak tentu.

Karena gajinya tak kunjung naik, guru SD tinggal di toilet sekolah itu sempat putus asa dan berniat mencari pekerjaan lain.

Hanya saja, hal itu diurungkannya lantaran anaknya masih membutuhkan biaya sekolah. “Anak saya yang kedua butuh biaya tiap bulan, ia masih sekolah di pesantren,” ujar Nining.

Sebenarnya, guru honorer tinggal di WC sekolah itu punya rumah. Namun dua tahun yang lalu, rumahnya roboh karena sudah lapuk.

Maka dari itu, Nining dan keluarganya memutuskan tingggal di toilet sekolah yang sudah dimodifikasi agar nyaman untuk ditinggali.

Di toilet itu, Nining dan keluarganya sudah tinggal selama dua tahun. Nining mengaku tak bisa menyewa rumah lantaran kondisi keuangannya.

Pihak sekolah sebenarnya sudah melarang Nining, namun mereka mengizinkan dikarenakan tak ada lagi tempat lain yang bisa dihuni oleh Nining dan keluarganya.

“Kami dibantu kepala sekolah, beliau beli kayu. Saya dan suami yang bangun, alhamdulillah sekarang bisa tinggal dengan nyaman di sini,” pungkas Nining.

Sumber: rancahpost.com

Loading...
loading...
loading...