Percaya Omongan Trump, Warga AS Kumur Pakai Pemutih Untuk Cegah Corona

by -671 views

Survei yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan peningkatan kasus keracunan pemutih.

Hal ini berkaitan dengan omongan Presiden Donald Trump beberapa waktu lalu yang menyebut kemungkinan disinfektan bisa cegah virus Corona COVID-19.

Dalam konferensi pers dengan media pada 24 April lalu, Trump sempat berbicara kemungkinan menyuntikkan disinfektan ke dalam tubuh untuk dengan cepat membunuh virus.

Para praktisi kesehatan mengkritik Trump dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai membuat imbauan agar orang-orang tidak sembarangan memakai disinfektan.

Trump pada akhirnya berkilah bahwa apa yang ia ucapkan hanya bersifat sarkasme atau tidak sungguh-sungguh.

Terkait hal tersebut, CDC lewat survei pada 502 orang dewasa di Amerika Serikat (AS) menemukan ternyata ada yang percaya dengan omongan Donald Trump.

Sekitar 39 persen responden melaporkan pernah terlibat dalam aktivitas berisiko dengan disinfektan untuk cegah Corona.

Contoh aktivitas yang dilaporkan pada CDC mulai dari menggunakan pemutih untuk cuci makanan, menyemprotkan disinfektan ke tubuh, hingga berkumur dengan cairan pemutih.

Dikutip dari Reuters, sekitar seperempat responden melaporkan mengalami masalah kesehatan usai melakukan praktik-praktik tersebut.
.
Sumber: detik.com

loading...
loading...