Penuhi 5 Syarat Ini, Bercanda pun Bisa Mendapatkan Pahala Besar

by

Bercanda tak melulu membuang-buang waktu dan menyakiti hati orang lain. Tentu pengertian bercanda adalah momen dimana seluruh pihak merasakan hal menyenangkan. Ternyata jika kita penuhi lima syarat ini, bercanda pun berpahala loh. Simak ulasannya untuk tahu lebih lanjut mengenai aturan bercanda.

Ternyata Dengan Penuhi Lima Syarat Ini, Bercanda Pun Berpahala
Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu apa itu jihad dan bagaimana jihad harus dilakukan dengan tepat. Rupanya, jihad ini merupakan ibadah paling unggul yang menjadi puncak dalam agama Islam.

Mengapa begitu? pasalnya orang yang telah melakukan jihad berarti tidak tertarik lagi dengan dunia maupun isinya, tetapi lebih tertarik pada apa yang berada di surga dan akhirat. Dr. Abdullah Azzam menyatakan sesuatu berkaitan dengan contoh jihad di jalan Allah selanjutnya.

Beliau menyatakan bahwa orang yang berada di puncak tertinggi secara otomatis cenderung menganggap apa yang ada di bawahnya sesuatu kecil serta tidak berharga. Apabila seseorang mengikuti syarat-syarat yang diberikan oleh Nabi, bercanda sesekali saat melakukan amalan dalam bentuk jihad ini ternyata bisa memberikan orang tersebut pahala.

Sebenarnya, apa sih tujuan utama orang jihad? Jawabannya adalah memperjuangkan agama Islam untuk selalu berada di atas agama-agama lainnya, serta saat berjuang menggunakan nyawa dan harta dengan berharap mendapat ridha Allah yang seganjar.

Dengan kata lain, jihad dalam kehidupan sehari-hari berarti paduan dari ibadah fisik, strategi yang menggunakan kecerdasan pikiran pelakunya, serta kekuatan jiwa dari dalam. Bisa dibilang juga, jihad ini tidak mudah dan perlu latihan serta pemahaman sangat mendalam sebelum melaksanakannya.

Di sebuah riwayat, Nabi menyebut jihad sebagai siyahah, karenanya pengertian dan macam-macam jihad bisa digambarkan sebagai hiburan, rekreasi, tamasya bagi pemeluk agama Islam.

Riwayat lain menyatakan bahwa jihad berarti memfokuskan seluruh hidup yang dimiliki hanya untuk beribadah kepada Allah Sang Pemberi segala karunia. Tentu saja, seperti yang kita ketahui tak ada hal lebih agung dibanding melaksanakan jihad di jalan Allah SWT.

Apabila seorang mujahid melakukan jihad dengan ikhlas, ia pasti hanya berharap ridha dari Allah Ta’ala dan tidak lebih, tidak ada yang lain, apalagi kerugian manusia lainnya. Apabila muncul keinginan untuk dipuji karena telah melakukan jihad, dia akan jadi orang yang pertama disiksa di neraka. Mengerikan bukan? Karenanya orang yang melakukan jihad harus tulus dan sepenuh hati.

Ada cerita dimana seorang lelaki datang kepada Nabi Muhammad SAW. Ia bertanya mengenai amalan yang pahalanya bisa setara dengan jihad. Nabi Muhammad SAW justru menjawab dengan singkat dan lembut bahwa beliau tidak mendapati hal tersebut.

Sebaliknya, orang yang mendapat pahala adalah orang yang mencari keridhaan Allah SWT, mengamalkan sebagian harta berharga yang ia miliki, menaati perintah imam dengan sepenuh hati, menjauhi kerusakan, berlaku serta berbuat baik kepada teman di medan jihad. Orang yang melakukan hal tersebut, saat tidur dan terjaga sekalipun juga mendapat pahala.

Memang kelima syarat tersebut terdengar cukup mudah untuk dilakukan, tetapi tetap saja butuh tekad dari dalam dan ketetapan hati. Jadi, sudahkah Anda siap melakukan lima syarat tersebut untuk memperoleh pahala?

Mintalah kekuatan senantiasa dari Allah Yang Maha Kuasa. Sekian artikel mengenai penuhi lima syarat ini bercanda pun berpahala, semoga bisa menjadi manfaat dan berkah bagi kita semua.

Sumber: kumpulanmisteri.com

Loading...
loading...
loading...