Pemimpin Timur Tengah Ini Sebut Amerika Takut Akan Kebangkitan Islam

by

Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) masih terus berlanjut, dengan saling sindir antar pemimpinnya.

Baru-baru ini Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, AS menargetkan Timur Tengah karena takut kebangkitan Islam di wilayah itu.

Ketegangan telah meningkat antara Washington dan Teheran sejak Mei.

Apalagi, hubungan ini diperparah ketika Presiden AS Donald Trump memberlakukan kembali sanksi setelah menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan enam negara lain.

“Kekuatan dunia yang dipimpin oleh Amerika menunjukkan minat terhadap Timur Tengah karena kebangkitan Islam di wilayah ini. Mereka takut akan kebangkitan negara-negara Islam.  Sebab mereka mengalami pukulan ketika Islam telah menyebar ke hati orang-orang,” kata Khamenei dalam sebuah web resminya dilansir dari Reuters pada Senin (26/11).

“Mengapa penguasa Islam harus berpihak dengan Amerika dalam kejahatan mereka melawan Palestina dan orang-orang Yaman? Padahal mereka akan dikalahkan,” kata Khamenei, dalam sebuah sindiran nyata ke Arab Saudi.

Situs web itu mengutip pidato yang diberikan Ayatollah Khamenei kepada para pejabat Iran dan tokoh-tokoh Muslim asing yang menghadiri konferensi Islam internasional di Teheran.

Iran dan Saudi adalah saingan regional dan telah mendukung pihak yang berseberangan dalam konflik di Syria dan Yaman dan mempunyai faksi politik yang berbeda di Irak dan Libanon.

Sumber: jawapos.com

Loading...
loading...
loading...