Pemerintah Malaysia Punya Program Makan Gratis untuk Pelajar Miskin di Sekolah

by -100 views

Untuk meringankan beban siswa yang tidak mampu, Pemerintah Malaysia mencanangkan program makan gratis di sekolah.

Program tersebut telah berlaku di 100 sekolah.

Sebanyak 4.000 siswa dari 100 sekolah yang ada di seluruh Malaysia sejak 20 Januari 2020 kemarin diberikan makanan gratis sebelum kelas dimulai.

Program makan gratis tersebut merupakan program dari Pemerintah Malaysia untuk membantu siswa miskin yang tidak mampu membeli makanan yang layak di rumah.

Dalam menjalankan program makan gratis itu, Pemerintah Malaysia dibantu oleh Departemen Pendidikan yang memberikan makanan tambahan untuk dua sesi makanan.

Sesi pertama di waktu sarapan siswa akan mendapatkan makanan gratis pada pukul 07.00 – 07.30.

Sementara untuk sesi kedua di waktu makan siang, mereka bisa menikmati makanan gratis pada pukul 12.30 – 14.00.

Dilansir dari Straits Times (20/01) program makan gratis ini merupakan perluasan dari program sebelumnya yang sudah diterapkan sejak tahun 1979 untuk siswa miskin.

Program makan gratis itu hanya dapat ditujukan untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu, penyandang disabilitas dan mereka yang berada di komunitas pribumi.

“Kami ingin fokus pada anak-anak yang sangat miskin, untuk memastikan bahwa mereka tidak kelaparan ketika belajar di kelas,” ujar Dr Habibah Abdul Rahim, Direktur Jenderal Pendidikan.

Sementara itu, Mahathir Mohamad, Perdana Menteri yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan menginginkan bahwa program makan gratis itu tidak hanya ditujukan oleh siswa miskin saja, tetapi juga semua siswa terlepas dari latar belakang sosial dan ekonomi mereka.

Pada fase pertama program makan gratis ini akan menelan biaya 22 juta Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp. 74 miliar.

Program tersebut melibatkan anak-anak dari kelompok yang disebut B40 atau Bawah 40.

Istilah itu digunakan untuk anak-anak dari keluarga yang pendapatan rumah tangga bulanannya rata-rata di bawah Rp. 10 juta.

Lebih lanjut, Pemerintah setempat juga akan memperluas program makan gratis untuk mahasiswa dan mahasiswi dari 123 universitas dan perguruan tinggi.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...