Pangeran Arab Saudi Akan Kunjungi Indonesia

by

Pangeran Kerajaan Arab Saudi dikabarkan akan mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat ini. Memang belum ada kepastian siapa yang bakal datang, apakah putra mahkota Mohammed bin Nayef atau wakil putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Arrmanatha Christiawan Nasir mengatakan, Pemerintah Indonesia dan Saudi saat ini tengah membahas rincian mengenai kapan dan isu apa yang akan dibahas dalam kunjungan.
“Ada indikasi pangeran Saudi ke Indonesia, sedang kita jadwalkan,” katanya, Kamis 18 Agustus 2016.

Meski telah ada pembahasan bersama dengan pihak Saudi, Arrmanatha belum bisa memastikan, siapa pangeran Kerajaan Arab Saudi yang dipastikan mengunjungi Indonesia.

Mohammed bin Salman merupakan putra Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz. Ia dikenal memiliki pengaruh besar di internal Kerajaan Saudi. Dia saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Saudi meski usianya masih sangat muda. Ia di duga dibelakang perencanaan penyerangan Saudi ke Yaman dan dibelakang keterlibatan Saudi dalam krisis Suriah.

Mohammed bin Salman beberapa waktu lalu juga melalukan kunjungan ke Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam itu, dia menemui beberapa pejabat tinggi AS, di antaranya Presiden Barack Obama.

Sedangkan Pangeran Muhammad bin Nayef diangkat menjadi putra mahkota sejak Salman menjadi Raja Arab Saudi. Nayef merupakan putra Pangeran Nayef bin Abdulaziz Al Saud menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Pertama dan Menteri Dalam Negeri.

Di internal istana Saudi sendiri kini tersiar persaingan antara Mohammed bin Salman dengan Muhammad bin Nayef. Kabar yang beredar, Mohammed bin Salman mengincar jabatan raja jika ayahnya telah tiada.

Prancis Alain Rodier seorang analis asal Prancis mengatakan, jika sesuatu terjadi pada Raja Salman bin Abdul Aziz yang kini menderita sakit, maka akan ada banyak pangeran yang berebutan tahta, terutama Mut’ib bin Abdullah bin Abdul Aziz.

Mut’ib bin Abdullah bin Abdul Aziz saat ini menjabat sebagai menteri Garda Nasional Saudi bersekutu dengan Pangeran Mohammed bin Nayef bersama-sama mengatur kudeta.

Sumber: satuislam.org

Loading...
loading...
loading...