Orang yang Puasa Sering Melupakan Keistimewaan Ini

by

Ramadhan sebagai bulan yang diberkati serta penuh Rahmat. Di dalamnya banyak keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang mau meraihnya.

Jika para hambanya berusaha mencari dan ingin mendapatkan keistimewaan maka ia harus bersungguh-sungguh sejak awal bulan ramadhan dengan memperbanyak amalan kebaikan sebatas kemampuannya.

Salah satu keistimewaan yang sering dilupakan oleh orang yang berpuasa adalah ia tak mengerti dan memahami bahwa dirinya termasuk golongan yang dikabulkan doanya sampai menjelang berbuka puasa.

Hal ini berlandaskan Hadits Nabi,

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ” ﺛﻼﺛﺔ ﻻ ﺗﺮﺩ ﺩﻋﻮﺗﻬﻢ: اﻟﺼﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻄﺮ، ﻭاﻹﻣﺎﻡ اﻟﻌﺎﺩﻝ، ﻭﺩﻋﻮﺓ اﻟﻤﻈﻠﻮﻡ ” رواه اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ

“Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda, ‘Tiga golongan yang doanya tak akan tertolak. Pertama, Orang yang berpuasa sampai ia berbuka. Kedua, Pemimpin yang adil. Ketiga, Doa orang yang teraniaya’.” (HR. Tirmidzi).

Dari penjelasan ini, orang yang berpuasa agar lebih hati-hati dalam bersikap terutama tak mudah sumpah serapah kepada orang lain yang ia tak menyukainya karena dikhawatirkan orang itu terkena imbasnya sedangkan dirinya terkena dosanya.

Maka dari itu, orang yang berpuasa, mulai terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari harus memperbanyak doa yang baik bagi dirinya, keluarga, dan kebaikan bagi orang muslim lainnya terutama agar selamat dunia dan akhirat.

Sumber: islami.co

Loading...
loading...
loading...