Narkoba Jenis Baru MXE, Bisa Buat Penggunanya Ingin Bunuh Diri

by

Anggota Pusat Laboratorium Forensik Polri Ajun Komisaris Besar Jaswanto mengatakan narkoba jenis baru yang mengandung metoksetamina (MXE) dapat membuat penggunanya merasa ingin bunuh diri.

Meski begitu, narkoba jenis itu kerap digunakan untuk bersenang-senang.

“Dengan tujuan rekreasi atau kesenangan,” kata Jaswanto di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 25 Februari 2019.

Selain ingin bunuh diri, efek buruk dari narkoba tersebut bagi penggunanya antara lain kesulitan berbicara, memunculkan perasaan bingung, cemas gemetar, rasa mual dan ingin muntah, serta paranoid.

Adapun efek jangka pendek yang dirasakan pengguna adalah bahagia, meningkatkan empati, perasaan damai dan tenang, serta halusinasi.

“Jadi lebih banyak efek buruknya dari metoksetamina itu,” kata Jaswanto.

Pengedaran narkoba jenis baru itu terungkap saat polisi menangkap seseorang berinisial SS pada Selasa,

12 Februari lalu di area parkiran Rumah Sakit Husada, Jakarta Pusat. Saat itu, SS hendak menjual sabu ke tersangka berinisial ST.

Polisi yang kemudian menggeledah unit apartemen SS di Mediterania Boulevard Residence, Kemayoran, Jakarta Pusat,

mendapati 9 ribu butir narkoba MXE, 11 plastik berisi sabu seberat 874 gram, 70 butir Happy Five, timbangan digital, alat sealer, 2 buah bong, serta 4 buah cangklong kaca.

Polisi pun saat ini tengah memburu seseorang berinisial R di Pontianak dan N di Malaysia. Hal itu diketahui dari bukti transfer yang ditemukan saat penggeledahan kasus narkoba jenis baru itu.

“Ternyata dari hasil interogasi, SS mendapatkan barang ini baru beberapa hari sebelum penangkapan dengan cara diletakkan di parkiran belakang Mal Sunter dan itu atas arahan dari seseorang berinisial R di Pontianak,” ujar Kepala Sub Direktorat I Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Jean Calvijn Simanjuntak.

Sumber: tempo.co

Loading...
loading...
loading...