Nadiem: Siswa Dapat Kuota Internet 35 GB, Guru 42 GB, Mahasiswa 50 GB

by -1,015 views

Mendikbud Nadiem Makariem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR membeberkan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari Kemenkeu untuk subsidi kuota internet selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online akibat pandemi virus corona, dan tunjangan profesi guru.

Nadiem menjelaskan total dua anggaran itu Rp 8,9 T, dengan rincian subsidi kuota internet atau pulsa senilai Rp 7,2 triliun selama tiga/empat bulan ke depan hingga Desember 2020.

Nantinya untuk tiap siswa akan mendapatkan kuota internet 35 GB per bulan, sementara guru 42 GB, dan mahasiswa-dosen 50 GB.

“Kami telah melakukan perjuangan internal untuk bisa mendapatkan anggaran tambahan, anggaran baru untuk bisa menjawab kecemasan masyarakat yang nomor satu. Nomor satu di bidang pendidikan sudah jelas: pula, pulsa, pulsa, data, data, data. Ini adalah nomor satu dari semua, data,” kata Nadiem saat rapat bersama Komisi X DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8).

Lebih lanjut Nadiem mengatakan, dari anggaran Rp 8,9 trilun yang telah disetujui Kemenkeu itu pihaknya juga akan mengalokasikan Rp 1,7 triliun untuk tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, tunjangan profesi dosen, dan tunjangan guru besar.

“Di luar itu kami sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi dosen sebesar Rp 1,7 triliun,” sebut Nadiem.

Ke depan, Nadiem berjanji mempercepat akselerasi agar anggaran itu bisa segera cair. Dia mengapresiasi Kemenkeu yang telah mengakomodir anggaran tersebut.

“Ini kami akselerasi secepat mungkin biar bisa cair,” tegas Nadiem.

Sumber: kumparan.com

loading...
loading...