Mulai Sabtu Pukul 17.00, Lewat Jembatan Suramadu Gratis

by

Jembatan Tol Suramadu akan digratiskan mulai Sabtu (27/10/2028) pukul 17.00 besok sore.

Penggratisan masuk jembatan pembelah Selat Madura ini bersamaan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke jembatan terpanjang di Indonesia ini. Jokowi akan hadir langsung dalam momen penting ini.

“Pak Jokowi sendiri yang rencananya melaunching masuk Tol Suramadu tanpa bayar besok sore,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya I Ketut Darmawahana.

Pemberlakuan Suramadu Gratis itu tidak perlu menunggu pergantian tanggal atau dini hari nanti. Sore itu juga setelah seremonial sebentar, Jokowi akan meluncurkan Suramadu Gratis.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Presiden Jokowi dijadwalkan akan datang langsung ke Jembatan Suramadu untuk menggratiskan jembatan pembelah laut pertama ini. Jokowi akan menggratiskan jembatan yang dibangun Pemerintah tersebut.

Sebelum melaunching Suramadu Gratis itu, Jokowi akan menyampaikan pidato di hadapan para kyai dan tokoh masyarakat Madura. “Pak Jokowi akan mengangkat bendera tanda Suramadu tak lagi membayar,” tandas Ketut.

Kehadiran Jokowi akan didampingi Menteri PUPR Hadi Muljono dan disambut Gubernur Jatim Soekarwo. Semua Bupati di Madura juga direncanakan akan ikut menyambut momentum penggratisan Suramadu itu.

Gubernur Pak Karwo sebelumnya sudah menyampaikan bahwa akan kepastian Suramadu gratis tinggal menunggu kehadiran Jokowi.

Pakde menyebut kepastian Suramadu gratis sudah 99 persen. Sementara 1 persen kepastiannya tinggal menunggu Kepres.

Rencana menggratiskan Tol Suramadu itu adalah usulan Pemprov Jatim. Ini sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan di Madura.

Diharapkan terjadi percepatan pembangunan yang signifikan setelah tol yang dibangun Pemerintah ini gratis.

Setiap kendaran yang melintas dari semua kelas kendaraan tidak lagi berlaku tarif tol.

“Apa pun kendaraanya semua gratis. Ini langkah konkret Pemerintah yang ingin daerah Madura maju,” kata Pakde Karwo.

Rencananya Jokowi akan datang langsung ke Jembatan Suramadu sisi Bangkalan (Madura). Presiden ini akan menandai pemberlakuan tarif gratis bagi semua kendaraan yang melintas di jembatan pembelah Selat Madura ini.

Setiap kendaran nantinya akan bebas biaya distribusi barang dari dan menuju Pulau Madura. Dampaknya tentu akan akan memangkas biaya logistik.

Ini akan mempercepat alur pengiriman barang dan jasa ke Madura sehingga bisa mempercepat pembangunan Madura.

Jembatan Suramadu dibangun pada 2003 dan diresmikan pada 2009. Semua kendaraan yang melintas di jembatan 5,4 KM itu berlaku tarif masuk tol. Bahkan motor pun harus membayar Rp 3.000.

Setelahnya pada 2016, Pemerintah mengevaluasi keberadaan Suramadu dan keputusannya memangkas tarif tol Suramadu 50 persen.

Berikut tarif resmi sejak 2016:

  1. Golongan I (sedan, jip, pikap/truk kecil dan bus) Rp 15.000
  2. Golongan II (truk dengan dua gandar) Rp 22.500
  3. Golongan III (truk tiga gandar) Rp 30.000
  4. Golongan IV (truk empat gandar) Rp 37.500
  5. Golongan V (truk lima gandar atau lebih) Rp 45.000

Sumber: tribunnews.com

Loading...
loading...
loading...