Mobil Polisi Lindas Pendemo, Kapolda Sulsel: Kurang Cepat Menghindar

by -1,117 views

Aksi massa kembali terjadi di Kota Makassar sejak Jumat (27/9) siang dan berlangsung hingga Sabtu (28/9) dini hari.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, peserta aksi terlihat dilindas oleh kendaraan taktis (rantis) milik Polisi.

Dikonfirmasi, Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe menyatakan situasi di lokasi saat itu ada tembakan gas air mata dari aparat.

Kemungkinan korban yang berhamburan bersama massa di jalan panik dan tidak melihat kendaraan taktis yang melaju.

“Sebenarnya mobil, sirine dan rotatornya sudah nyala, cukup besar. Mungkin situasi di lapangan yang bersangkutan kurang cepat menghindar,” kata Kapolda di Makassar, Sabtu (28/9).

Korban masing-masing mahasiswa Universitas Bosowa bernama Dicky Wahyudi, dan pengendara ojek daring bernama Irfan Rahmatullah.

Video kejadian sempat viral di berbagai media sosial, sebelum dibenarkan oleh Kepala Polda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe.
.
Irjen Laupe juga menegaskan tidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian mengenaskan tersebut.
.
“Rantis tidak mengejar. Cuma pendesakan agar pengunjuk rasa mundur. Makanya dikasih lampu, sirine, rotator. Sama sekali nggak ada (kesengajaan),” ucap Kapolda.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by INFO TABEDAENG (@infotabedaeng) on

Dari pantaun IDN Times, ribuan massa yang terdiri dari mahasiswa dan aliansi masyarakat sipil menggelar demonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, pada Jumat siang.

Situasi masih kondusif hingga pukul 18.00 WITA. Usai salat magrib, suasana memanas.

Kericuhan bermula ketika terjadi lemparan batu dan berbagai benda lainnya dari arah kerumunan massa ke barisan aparat keamanan. Polisi merespons dengan menembakkan gas air mata.

Massa yang awalnya terkonsentrasi di depan DPRD Sulsel, terpecah ke dua titik, yakni di depan kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan di Jalan AP Pettarani, tak jauh dari fly over.

Dari video yang diunggah salah satunya oleh akun Instagram @infotabedaeng, tampak pihak Kepolisian berusaha membubarkan massa aksi dengan tembakan gas air mata di depan kampus UMI menuju Mall Nipah Makassar.

Massa akhirnya lari berhamburan. Mobil pengurasi massa yang melaju dari arah fly over tampak melindas seorang peserta aksi yang terpeleset saat sedang berlari. Setelah melindas, mobil tersebut mundur.

Suara dari rekaman video menyebut, seseorang yang berada di kerumunan massa terinjak oleh mobil taktis Polisi. “We ada diinjak, ada diinjak [mobil] woi!

Hingga pukul 01.06 WITA, terpantau sekelompok massa masih berkumpul di beberapa titik. Salah satunya di Jalan AP Pettarani di depan kampus UNM Makassar.

Sumber: idntimes.com

Loading...
loading...
loading...