Mengapa Wanita Haid Dilarang Sholat Dan Puasa? Ini Penjelasannya

by

Setiap wanita pada umumnya mengalami siklus Haid. Haid atau menstruasi adalah proses peluruhan sel telur dalam dinding rahim akibat tidak adanya proses pembuahan.

Saat seorang wanita mengalami haid khususnya bagi Muslimah, ia dilarang mengerjakan ibadah sholat dan Puasa. Mengapa demikian?

Allah SWT berfirman yang artinya,

“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran …” (Al-Baqarah: 222)

Darah haid yang keluar dari rahim wanita adalah kotoran dan bersifat najis. Jelaslah bahwa yang bersifat najis itu adalah darah haidnya bukan wanitanya. Wanita haid tetap suci sebagaimana wanita pada umumnya.

Begitupun dengan penjelasan medis bahwa wanita yang sedang haid dilarang sholat karena gerakan shalat sama seperti olahraga sehingga dapat membahayakan wanita yang sedang haid.

Kegiatan ruku dan sujud dalam shalat berbahaya karena akan meningkatkan peredaran darah ke rahim yang akan dikeluarkan dalam bentuk darah menstruasi.

Semakin banyak melakukan ruku dan sujud tentu saja Sel rahim dan indung telur ini akan semakin banyak menyedot banyak darah dari sistem peredaran darah.

Hasilnya banyak darah mengalir ke rahimnya dan kehilangan darah yang terus menerus juga mengakibatkan perempuan lebih kadar emosi yang naik turun.

Selain itu, wanita menjadi rentan terkena anemia dan kehilangan zat gampang lelah, memiliki besi ketika sistem peredaran darah banyak mengalirkan darah ke rahim yang dikeluarkan menjadi darah menstruasi.

Semakin banyak darah yang dikeluarkan, maka zat imunitasnya di tubuhnya akan hancur. Sebab sel darah putih berperan sebagai imun akan hilang melalui darah haid.

Jika seorang wanita shalat saat haid, maka ia akan kehilangan darah dalam jumlah banyak. Ini berarti akan kehilangan sel darah putih. Jika ini terjadi maka seluruh organ tubuhnya seperti limpa dan otak akan terserang penyakit.

Inilah hikmah besar di balik larangan syariat agar wanita haid untuk tidak melaksanakan shalat hingga ia suci.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian

Amin ya robbal alamin

Sumber: inspiradata.com

Loading...
loading...
loading...