Mencuci Kedua Tangan yang Benar Saat Berwudhu’

by -467 views

Rukun wudlu selain niat dan membasuh muka adalah mencuci kedua tangan. Dan sebagaimana mencuci muka, air yang digunakan dalam mencuci tangan pun harus thahir muthahir.

Adapun batasan tangan yang harus dicuci sewaktu berwudlu adalah semua anggota tangan dari siku ke bawah dan tidak boleh terhalang oleh sesuatu benda apa pun yang menempel pada kulit tangan sehingga menghalangi air menyentuhnya, semisal cairan tip-x yang menempel pada jari-jari tangan dan sejenisnya.

Jumlah basuhan yang diwajibkan dalam mencuci tangan adalah satu kali masing-masing tangan kanan dan kiri, tetapi dihitung satu kali basuhan setelah meratanya air mengenai kedua tangan tersebut dengan batasannya.

Sedangkan kesunnahan dalam membasuh tangan saat berwudlu, adalah mendahulukan tangan kanan dari pada tangan kiri, mencuci tiga kali masing-masing tangan kanan dan kiri, serta berdoa saat mencucinya, dengan bacaan sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اَعْطِنِى كِتاَبِى بِيَمِيْنِى وَحَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيْرًا

Artinya:

Ya Allah! semoga Engku berkenan memberikan kepadaku kitab catatan amalkuku dengan tangan kananku dan menghitung amalanku dengan perhitungan yang mudah.”

Sumber: islami.co

loading...
loading...