Mempelajari Beberapa Tafsir Surah Pilihan

by -112 views

Seperti diketahui bersama Tafsir sendiri artinya menyingkap sesuatu yang tertutup, jadi jelas. Jadi ketika seseorang membaca tafsir, apalagi tafsir Al-Quran. Secara otomatis, dirinya akan mulai mempelajari hal-hal yang sekiranya tertutup atau awalnya tidak dimengerti, jadi dimengerti. Mengingat Al-Quran ini adalah bahasa Arab, yang pastinya tidak dimengerti oleh banyak orang. Selain itu, ayat atau isi surah artinya kebanyakan adalah khiasan, dimana kita harus mendalami dan lebih memahami arti dari surah atau ayat itu sendiri. Maka dari itu, dengan mempelajari tafsir, kita akan lebih terbantu memahami dan mendalami makna dari surah atau ayat yang sedang dibaca.

Mempelajari tafsir tentu saja akan memberikan beberapa manfaat untuk kita, mulai dari materi tafsir akan menjadi bekal ilmu yang mulia, mampu mendalami isi AlQur’an dengan baik, memberikan rasa nyaman di dalam hati, mampu membuat diri terhindar dari kesesatan di dunia dan mencapai kebahagiaan di akhirat, dan mampu menyempurnakan agama yang dipelajari serta mampu mengamalkannya sebagaimana mestinya.

Dibandingkan dahulu, saat ini untuk mempelajari tafsir terbilang lebih mudah dan cepat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, mulai dari mengunjungi pengajian tafsir Al-Qur’an yang umumnya ada di lingkungan sekitar kita. Atau kita juga dapat membeli buku tafsir yang umumnya dijual di toko buku. Namun jika kita ingin tafsir yang lebih praktis, dan pastinya dapat dibawa kemana saja, dan pastinya dapat dibaca di mana saja, sebaiknya kita mengunjungi situs TafsirWeb. Insyaalloh tafsir yang diberikan disini lengkap. Dimana di dalamnya, kita akan menemukan berbagai macam tafsir ayat dan juga surah, yang ada di dalam Al-Qur’an. Tafsir yang kita temukan di tempat ini, adalah tafsir yang sudah diresmikan oleh pihak Kementrian Agama RI, yang tentunya sudah disetujui oleh Kementrian Agama Saudi Arabia. Ini adalah Tafsir al-Mukhtashar yang sebelumnya sudah disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjilid Haram), dan yang lainnya.

Diantara berbagai macam tafsir yang ada didalam web, ada beberapa tafsir yang cukup disarankan untuk dibaca, berikut ini adalah tafsir yang dimaksud:

  1. Surah Yasin. Tafsir surah yang satu ini, memang sangat kami sarankan karena cukup populer di Indonesia. Surah ini rutin dibaca oleh banyak ummat muslim di Indonesia, terutama di hari tertentu atau dalam berbagai event lainnya. Namun yang jadi masalah adalah apakah kita sudah paham artinya? Jika belum, silahkan coba dibaca.
  2. Surah al-Kahfi. Selain surah Yasin, ada juga surah al-Kahfi, ini juga salah satu surah yang rutin dibaca pada saat tertentu. Oleh karena itu, kita juga perlu memahami makna dan arti yang terkandung di dalamnya.
  3. Surah al-Waqiah. Surah berikut ini juga perlu kita ketahui tafsirnya, karena banyak di antara kita yang membaca ayat ini secara rutin, lantaran ada hadits yang menyebutkan fadhilah dari surah ini. Terlepas dari status hadits dan hukumnya. Banyaknya orang yang membacanya, membuat kita sebaiknya baca tafsir surah ini, untuk mengetahui makna dan artinya dengan baik.
  4. Surah ar-Rahman. Surah ini juga cukup populer, karena susunan ayatnya yang sangat indah. Tidak hanya itu, banyak para imam di berbagai masjid, juga sering membaca surah tersebut saat shalat berjama’ah, jadi kita juga perlu mengerti apa arti dari surah tersebut.
  5. Surah al-Baqarah. Tidak hanya dikenal sebagai surah yang paling panjang, yang membuat surah tersebut menjadi istimewa, tapi isinya yang banyak mengandung prinsip aqidah dan juga berbagai hukum kehidupan.
  6. Surah al-Mulk. Menjelang tidur, ini surah yang sebaiknya kita baca. Di dalamnya terdapat makna yang akan kita dapatkan, dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.
  7. Surah al-Fatihah. Termasuk salah satu surah yang paling sering dibaca, jangan sampai kita hanya hapal di bibir tanpa paham maknanya.
  8. Surah adh-Dhuha. Ini surah sering dibaca ketika shalat dhuha. Salah satu alasannya mungkin karena namanya mirip, lalu membacanya. Jadi kita juga harus paham akan artinya.
  9. Surah an-Naba. Surah ini juga memberikan kesan yang spesial, diantara 30 Juz dalam Al-Quran. Mungkin karena kata Amma yang digunakan pada Juz Amma sendiri, yang diambil dari kata pertama dalam surah Ini.
  10. Surah Yusuf. Ini adalah salah satu surah isinya kisah terbaik dalam Qur’an, seperti yang disebutkan pada ayat ke-3 pada surah tersebut. Apa kisah dan hikmahnya? Kita dapat mempelajari dengan membaca tafsirnya.

loading...
loading...