Madu Dikerubungi Semut, Apakah Artinya Madu Itu Palsu?

by

Adakah di antara Moms yang selalu menyimpan madu di rumah? Madu memang salah satu produk pangan yang selalu menarik untuk diperbincangkan.

Khasiatnya yang ampuh selalu manjut bagi tubuh baik pada saat sakit maupun sehat. Namun madu juga bisa mengandung banyak kontroversi, salah satunya adalah mengenai keasliannya.

Maklum, karena harganya yang tinggi, banyak orang mencampurkan madu dengan gula untuk menurunkan ongkos produksi.

Karena itu, banyak beredar cara membuktikan madu yang murni dan palsu. Salah satunya dengan memperhatikan gerak gerik semut.

Katanya, madu yang asli tidak akan dikerubungi semut. Unik kan? Padahal semut paling suka dengan yang manis-manis.

Mitos Atau Fakta?
Nyatanya, banyak pakar tidak menyetujui pernyataan di atas. Menurut mereka, adalah hal yang wajar kalau semut menyukai madu karena rasanya yang super manis.

Jadi, menentukan asli atau palsunya madu dari semut adalah hal yang kurang tepat. Fakta lainnya, semut justru tidak suka dengan pemanis buatan yang ditambahkan bahan-bahan sintesis.

Jadi, logikanya semut justru akan menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Jadi, belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran pernyataan semut tidak akan mengerubungi madu yang asli.

Pernyataan ini mungkin muncul karena sarang lebah tidak pernah dikerubungi semut. Padahal, hal ini bisa terjadi karena sarang lebah mengandung lilin yang tidak disukai semut.

Nah, sekarang sudah jelas kan kalau asli tidaknya madu tidak bisa ditentukan dari semut yang mengerubunginya. Jadi, jangan langsung membuang madu di rumah yang dikerubungi semut, ya.

Sumber: nakita.grid.id

Loading...
loading...
loading...