Kisah Misteri di Balik Lagu Nina Bobo, Yakin Masih Mau Nyanyikan?

by

Salah satu yang menjadi budaya di masyarakat kita adalah menyanyikan lagu ‘Nina Bobo’ sebelum anak tidur.

Dengan maksud, si anak tidurnya nyenyak karena lagu ini terdengar lembut dan sangat menenangkan.

Liriknya yang sederhana pun menjadi alasan lagu ini mudah dilantunkan dan dianggap terbukti bisa membuat Anda rindu momen di-Nina Bobo-in orangtua Anda.

Begini liriknya, “Nina Bobo… Oh… Nina Bobo… Kalau tidak bobo, digigit nyamuk”.

Sepenggal lirik lagu itu ternyata menyimpan banyak rahasia, tak terkecuali kisah mistis di belakangnya.

Kepercayaan ini bukan isapan jempol dan Anda yang tak begitu percaya mesti mengubah pikiran mengenai hal tersebut. So, seperti apa kisah misteri di balik lagu ‘Nina Bobo’?

Dikutip dari laman Mister Aladin, kisah mistis lagu “Nina Bobo” berasal dari cerita Helenina, seorang anak berdarah campuran Indonesia dan Belanda.

Ibu Helenina, Mustika, adalah perempuan Indonesia, orang Jawa tepatnya. Dia berprofesi sebagai penari. Sedangkan ayahnya, Van Rodjnik berkewarganegaraan Belanda.

Helenina termasuk anak yang susah tidur. Sang ibu lantas putar otak untuk mencari cara agar sang anak tidak lagi menderita gangguan susah tidur.

Akhirnya diputuskan bahwa sang ibu akan bersenandung untuk menidurkan anaknya.

Awalnya sang ibu hanya bersenandung asal, belum ada liriknya. Namun, sang ayah yang kemudian memberi ide untuk menggunakan lirik. Seperti apa liriknya?

Menurut beberapa sumber, liriknya, ya, seperti yang kalian dengar selama ini.

“Nina bobo oh nina bobo. Kalau tidak bobo digigit nyamuk.” Nina dalam lirik tersebut diambil dari sapaan akrab Helenina. Jadi, arti dari Nina bobo adalah Helenina tidur.

Rupanya, cara menyanyikan lagu ‘Nina Bobo’ itu ampuh. Helenina tidak lagi susah tidur. Namun, Helenina menjadi ketergantungan dengan lagu tersebut.

Tiap kali mau tidur, dia harus mendengar lagu itu terlebih dahulu. Jika tidak, penyakit susah tidurnya kumat.

Singkat cerita, kabar duka datang dari keluarga ini. Maut tidak memandang status dan usia. Helenina yang masih muda (berumur 6 tahun) meninggal.

Dia meninggal karena menderita penyakit yang cukup parah. Kematian Helenina jadi awal kisah mistis lagu ‘Nina Bobo’ tersebut.

Pada suatu malam, Rodjnik, ayah Helenina, melihat sang istri, Mustika sedang menyanyikan lagu ‘Nina Bobo’.

Mustika melakukan itu karena dia merasa seakan-akan Helenia masih hidup dan memintanya untuk menyanyikan lagu pengantar tidurnya.

Hal ini dilakukan sepertinya karena Mustika sangat terpukul atas kematian puterinya tersebut. Dia belum bisa move on dan merasa dihantui Helenina.

Mustika pun rutin menyanyikan ‘Nina Bobo’ meskipun sang anak sudah tiada.

Lambat laun, sang ayah juga ikut-ikutan menyanyikan ‘Nina Bobo’ setiap malam. Penyebabnya sama, sang ayah merasa mendengar suara anaknya yang meminta dia menyanyikan lagu pengantar tidur itu.

Ngeri juga, ya, kalau tiap malam kita mendengar suara-suara dari orang yang sudah meninggal.

Tapi, bukan hanya kisah Helenina yang meninggal di usia muda dan ‘meminta’ dinyanyikan setiap malam lagu ‘Nina Bobo’.

Sejatinya, ada banyak versi kisah misteri di balik lagu tersebut.

Masih dalam laman Mister Aladin, seperti cerita Nina Mijk ini. Di mana, Dikisahkan Nina ini adalah anak Indonesia dan secara mendadak dia bertingkah seperti seorang kesurupan. Ia menjerit, mengumpat, dan bergerak tidak terkontrol.

Itu berulang setiap malam. Supaya nggak makin menjadi, sang ibu terpaksa harus memasungnya. Sang ibu sebenarnya sedih melihat anaknya dipasung. Tapi, ini semua demi keselamatan anaknya.

Semenjak bertingkah seperti orang kesurupan, berat badan Nina menyusut dan wajahnya memucat. Ibunya makin sedih melihat kondisi itu.

Suatu malam, keajaiban itu terjadi. Nina berubah menjadi tenang. Tidak lagi menjerit. Tidak lagi bertingkah di luar kendali. Namun, ia menangis sesenggukan.

Dalam pelukan sang ibu, Nina minta dinyanyikan lagu pengantar tidur karena ia sudah amat sangat lelah. Sang ibu lantas menyanyikan ‘Nina Bobo’. Nina pun tertidur.

Tapi, siapa sangka kalau momen itu menjadi momen terakhir ibunya bisa merasakan kebahagiaan Nina. Ya, Nina diketahui Tertidur untuk selamanya. Selepas sang ibu menyanyikan ‘Nina Bobo’, Nina meninggal dunia.

Sumber: okezone.com

Loading...
loading...
loading...