Kisah Five Vi Mantan Artis Seksi, Merasakan Berat dan Dzalimnya Riba Saat Nyicil Rumah

by -3,221 views

Berhenti jadi artis berarti harus rela penghasilan berkurang. Hal itu yang dialami Five Vi.

Setelah memutuskan untuk berhijrah pada Desember 2019 lalu, wanita berusia 40 tahun ini tak lagi mengambil job sebagai artis.

Lalu, dari mana pemasukan Five Vi untuk hidup sehari-hari?

Menurutnya, ia sempat membuka usaha menjual busana muslim. Namun, usahanya itu belum berjalan lancar.

“Tadinya mau dagang, belum lancar, karena aku ambil barang dari orang yang harganya sudah tinggi. Dijual harga lebih tinnggi lagi. Sementara orang suka murah meriah. Aku sempat stop,” ujar Five Vi di Tendean, Jumat, 14 Agustus 2020.

Five Vi yang kini sedang mulai mencoba mengenakan cadar atau niqab mengatakan bahwa ia mencoba menggunakannya setelah awalnya berjualan.

“Kejadian lucu pakai cadar, aku jualan karena ada gandulannya. Akhirnya pakai sendiri dan untuk dijual (jual busana muslim),” katanya.

Meski penghasilan berkurang banyak, namun ia tetap bersyukur karena keuangannya masih cukup untuk menjalani hidup.

Namun, yang sempat membuatnya berat adalah ia masih punya keharusan membayar cicilan rumah. Ia pun mengungkapkan beratnya riba karena cicilan tersebut.

“Belum lancar jualannya. Tapi walaupun tidak sebanyak dulu (pemasukan), cukup aja keuangan aku. Alhamdulillah, berkah dari Allah. Memang berat sih. Aku ada cicilan. Enggak tahu itu riba. Sekarang merasakan beratnya riba, zalimnya riba ketika pandemi bunganya naik. Gila ya?” jelas Five Vi.

“Tapi aku ambil positifnya. Anggap ini penghapusan dosa aku, karena dosa aku sudah banyak kan selama ini. Jadi dikurangi lah menjalani hidup kemarin lumayan,” tambahnya.

Wanita bernama panjang Fivey Rachmawati itu mengakui bahwa ia juga sempat merasakan pergolakan hati saat berhijrah dan harus meninggalkan karier keartisannya.

“Pas ditinggalkan ya sempat terpuruk. Ya pergolakan hati. Aku baru hijrah meninggalkan kegiatan aku. Sempat nanya ke ustad, ‘Tad, yang aku tahu adalah akting. Aku enggak tau skill lain’, gitu. Padahal aku kreatf dalam desain,” ucapnya.

“Jadi orang enggak percaya sama aku. Usia aku enggak muda dan enggak bisa cari kerjaan lain. Terus baru tahu cicilan yang harus saya bayar adalah riba besar,” katanya menambahkan.

Akhirnya cicilannya itu pun selesai dan sudah lunas. Sedikit demi sedikit, ia bisa membayar cicilan tersebut saat punya rezeki lebih. Kini, Five Vi mengaku tak mau lagi mengambil cicilan.

“Alhamdulillah ada jalannya bisa konsul sama ustad. Waktu itu enggak sempat ketolong cicilan itu. Jadi gimana caranya melunasi itu? Kalau ada rezeki lebih, bayar riba itu. Setelah itu enggak mau bayar cicilan lah,” ujarnya.

“Enggak mau lagi (punya cicilan). Saya mau menutup pintu utang yang terkesan nikmat dan indah. Aku ada cicilan rumah lah kemarin. Nah, aku baru tahu ilmu wajib dipelajari setiap muslim. Sekarang dikejar akhirat, meski tak melupakan dunia,” tutup Five Vi.

Sumber: viva.co.id

loading...
loading...