Khasiat Menjawab Adzan Untuk Kesehatan Mata

by

Adzan terus menghiasai hari-haru umat Islam sebagai tanda masuknya waktu shalat tiap lima waku sehari.

Menjawab adzan tidaklah wajib, namun memiliki beberapa keutamaan yang isimewa. Karna itulah jumhur ulama menganjurkan kita untuk menjawab seruan adzan.

Selain muadzin akan mendapatkan ampunan Allah kelak, orang yang menjawab seruan adzan juga mendapatkan jaminan istimewa dari Allah.

Sabda Rasulullah:

إِذَا قَالَ الْمُؤَذِّنُ: اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، فَقَالَ أَحَدُكُمْ: اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ قَالَ: أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، ثُمَّ قَالَ: حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ، قَالَ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، ثُمَّ قَالَ: حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ، قَالَ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، ثُمَّ قَالَ: اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، قَالَ: اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، ثُمَّ قَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، قَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مِنْ قَلْبِهِ دَخَلَ الْجَنَّةَ “

Ketika muadzin mengumandangkan “Allahu akbarAllahu akbar”, lalu kalian menjawab “Allahu akbar Allahu akbar”, kemudian muadzin mengumandangkan “asyhadu alla ilahaillah” kalian menjawab ” asyhadu alla ilahaillah “, kemudian muadzin mengumandangkan “asyhadu anna muhammadar rasulullah” kalian menjawab “asyhadu anna muhammadar rasulullah”, kemudian muadzin mengumandangkan “hayya alashalah” kalian menjawab ” la haula wa la quwwata illa billah””, kemudian muadzin mengumandangkan “hayya alal falah” kalian menjawab “la haula wa la quwwata illa billah”, kemudian muadzin mengumandangkan “Allahu akbarAllahu akbar”, lalu kalian menjawab “Allahu akbar Allahu akbar”, siapa yang mengucapkan itu dari dalam hatinya maka akan masuk surga. (HR. Muslim)

Sebuah keutamaan yang luar biasa yang Allah berikan untuk kita yang mau menyempatkan waktu untuk menjawab seruan adzan.

Tak tanggung-tanggung, Allah menyiapkan surga sebagai hadiah indah orang yang menerapkan hadis di atas pada kesehariannya.

Tidak hanya itu, menjawab seruan adzan juga memiliki keistimewaan lain yang diungkapkan oleh Sayyid bakri Syatha dalam kita I’anah Ath Thalibin. 

Keutamaan tersebut adalah bisa dijadikan salah satu cara untuk memiliki mata yang sehat. Dalam kita tersebut disebutkan:

من قال حين يسمع قول المؤذن: أشهد أن محمدا رسول الله: مرحبا بحبيبي وقرة عيني محمد بن عبد الله – ثم يقبل إبهاميه ويجعلهما على عينيه لم يعم ولم يرمد أبدا.

Barangsiapa mendengar muadzin mengucapkan “asyhadu anna muhammada rasulullah” dan menjawabnya dengan ucapan “marhaban bi habibiy wa qurrati ainiy muhammad ibn Abdillah” kemudian mengecup kedua ibu jari dan mengusapkannya pada kedua mata, maka tidak akan buta dan tidak akan sakit mata selamanya.

Khasiat menjawab seruan adzan yang dipaparkan  kitab I’anah Ath Thalibin tersebut bisa dijadikan kebiasaan baik dalam sehari-hari.

Khasiatnya tidak hanya mendapat jamian Allah yang indah, melainkan juga untuk kebaikan dan kesehatan mata kita.

Para salaf kita jika mendengarkan adzan, sampai pada kalimat “asyhafu anna muhammada rasalullah”, mereka kemudian mencium jari jempolnya dan mengusapkan ke kelopak matanya dengan kalimat “marhaban bi hababi wa qurrati ainy muhammad ibn abdillah ”.

Ketereangan tersebut juga dijelaskan oleh Sayyid Abdullah bin Alawi Al Haddad dalam kitab Raddul Mukhtar.

Sumber: bincangsyariah.com

Loading...
loading...
loading...