KH. Moh. Zuhri Zaini: ‘Gelisah Adalah Tanda Kotornya Hati Kita’

by

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ) KH. Moh. Zuhri menerangkan saat penngajian rutin pagi tadi (14/08/2016), hendaknya kita tahu kondisi hati kita sendiri apa sudah bersih ataukah semakin kotor. Seperti yang tertera didalam Kitab Al-Hikam Ibnu Athoillah, kalau kotornya hati akan sangat tampak terlihat salah satunya adalah hati yang gelisah.

Gelisah yang dimaksud adalah manusia yang masih terikat dan bergantung kepada selain-Nya. Diperbudak oleh dunia yang pada akhirnya manusia tidak bisa membedakan mana yang haq dan mana yang batil. Keduanya akan sama-sama dilakukan tanpa sadar bahwa sebagian dari perilakunya adalah tidak baik.

KH. Moh. Zuhri menjelaskan bahwa, manusia kadang terlalu sombong dan menyepelekan dosa-dosa kecil. Bagi mereka yang hatinya sudah gelap dosa yang dianggap kecil itu akan terus dilakukannya secara beru-ulang, tanpa sadar hal itu akan menjadi dosa besar. “Itulah tanda gelapnya hati,” tuturnya.

Seperti perumpamaan mata kepala, ada sedikit saja debu yang menempel dimata penglihatan akan buram tidak jelas pandangannya. Apalagi ada tirai besar yang cukup untuk menutup mata, gelap sudah. “Begitu pula dengan hati kalau sudah terhalangi sesuatu,” jelasnya.

Semoga bermanfaat

Sumber: alghorizm.com

Loading...
loading...
loading...