Keutamaan Surat al-Baqaroh, Salah Satunya Mengusir Setan Dari Rumah

by -110 views

Al-Baqaroh merupakan surat kedua di dalam Al Quran. Surat Al Baqarah artinya adalah lembu betina.

Menurut Prof. Dr. H. Abdul Malik Karim Amrullah atau Buya Hamka di dalam Tafsir Al Azhar jilid I, nama Al Baqarah yang artinya sapi betina diambil dari ayat 67 sampai 74.

Di dalam Surat al-Baqaroh ayat 67 sampai 74 ada cerita tentang Bani Israel yang disuruh Nabi Musa untuk mencari seekor lembu betina yang akan disembelih.

Menurut Buya Hamka, penamaan dalam Al Quran bukan sebagai judul dari satu rencana atau nama dari satu buku yang menerangkan suatu hal khusus.

Nama-nama surat dalam Al Quran, Buya Hamka melanjutkan, hanya sebagai tanda dari sebuah surat.

Nama surat itu bukan lebih penting dari yang lain yang diuraikan dalam Al Quran. Sebab semua yang diuraikan dalam al-Qur’an adalah penting.

“Yang menentukan nama-nama ini (surat dalam Al Quran) adalah Rasulullah SAW sendiri dengan petunjuk (malaikat) Jibril,” tulis Buya Hamka seperti dikutip Tim Hikmah detikcom dari Tafsir Al Azhar jilid I.

Surat Al Baqarah terdiri dari 286 ayat dan merupakan yang terpanjang di antara 114 surat lainnya di dalam Al Quran. Keistimewaan surat al-Baqaroh disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Imam Tirmidzi.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِيَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِيَ آيَةُ الْكُرْسِيِّ ‏”

Seperti diceritakan Abu Hurrairah, “Rasulullah SAW mengatakan segala sesuatu di dunia memiliki puncak. Dalam Al Quran puncaknya adalah surat Al-Baqarah. Di dalam Al Baqarah ada ayat yang merupakan tuan dari ayat yang lain yaitu Ayat Kursi.” (HR Tirmidzi).

Ayat lain dalam surat Al-Baqarah memiliki keutamaan lain sehingga sayang jika sampai terlewat saat membaca al-Qur’an.

Meski begitu, surat lain tetap perlu dibaca sehingga berkah yang diperoleh tiap muslim terasa lengkap. Berikut keutamaan surat al-Baqaroh:

1. Dilindungi Dari Setan
Dalam haditsnya Rasulullah SAW mengatakan, rumah yang dibacakan surat al-Baqaroh tidak dimasuki setan. Berikut hadits yang menjelaskan keutamaan dua ayat terakhir surat al-Baqaroh:

عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِأَلْفَىْ عَامٍ أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ وَلاَ يُقْرَآنِ فِي دَارٍ ثَلاَثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ ‏”

Rasulullah SAW mengatakan, “Sesungguhnya Allah SWT menulis dalam kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan surga dan bumi, serta mengirim dua ayat untuk mengakhiri Al Baqarah. Jika dibaca selama tiga malam dalam rumah maka setan tidak akan mendekatinya.” (HR Tirmidzi).

2. Diberi Kecukupan
Dalam hadits yang dinarasikan dari Abu Mas’Ud, muslim yang rutin membaca al-Baqaroh tidak perlu khawatir. Allah SWT akan memberi kecukupan baginya tanda ada yang terlewat

مَنْ قَرَأَ الآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ”

“Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al Baqara pada malam hari, maka itu akan mencukupinya.” (HR Ibnu Majah).

3. Selalu Dalam Perlindungan Allah SWT
Rasulullah SAW mengingatkan hambanya yang akan selalu dalam perlindungan Allah SWT, jika tak lupa membaca Ayat Kursi dalam surat al-Baqarah. Perlindungan makin tepat jika muslim juga membaca surat Al-Mu’min ayat 1-3

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏”‏ مَنْ قَرَأَ حم الْمُؤْمِنَ إِلَى ‏:‏ ‏(‏إِلَيْهِ الْمَصِيرُ ‏)‏ وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ حِينَ يُصْبِحُ حُفِظَ بِهِمَا حَتَّى يُمْسِيَ وَمَنْ قَرَأَهُمَا حِينَ يُمْسِيَ حُفِظَ بِهِمَا حَتَّى يُصْبِحَ ‏”‏

Rasulullah SAW mengatakan, “Siapa saja yang membaca surat Al-Mu’min 1-3 dan Ayat Kursi ketika dia bangun pagi maka dia akan dilindungi hingga sore. Dan siapa saja yang membacanya sat sore hari maka dia dilindungi hingga pagi hari.” (HR Tirmidzi).

4. Masuk Surga
Keutamaan lain Ayat Kursi dan surat al-Baqaroh adalah peluang seorang muslim masuk surga. Hadist yang diriwayatkan An-Nasai ini terdapat dalam kitab Bulugh Al-Marom

قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ‏- صلى الله عليه وسلم ‏-{ مَنْ قَرَأَ آيَةَ اَلْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ اَلْجَنَّةِ إِلَّا اَلْمَوْتُ }

Rasulullah SAW berkata, “Siapa saja yang membaca Ayat Kursi di akhir tiap ibadah wajib maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.”

5. Permohonannya Dikabulkan Allah SWT
Hadits yang dinarasikan Al-Qasim menjelaskan, permohonan seorang muslim berpeluang dikabulkan Allah SWT dengan membaca surat al-Baqaroh. Peluang juga ada jika muslim membaca surat Ali Imran dan Thahaa

قَالَ اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِي إِذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ فِي سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

“Nama Allah SWT yang terbaik yang jika dengan sebutan tersebut maka Dia akan menjawab ada dalam tiga surat yaitu surat Al Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa.” (HR Ibnu Majah).

Sumber: detik.com

loading...
loading...