Ketika Engkau Merasa Semua Doa Tidak Dikabulkan

by

Allah Azza Wa Jalla itu Maha Mengetahui apapun yang kita lakukan, bahkan mulai dari sesuatu yang tidak kita sadari hingga yang secara sadar kita lakukan.

Begitu juga tentang doa yang selalu kita panjatkan. Allah pasti mendengar doa-doa kita, karena Allah Maha Mendengar.

Sesungguhnya, berdoa kepada Allah ada bentuk iman kita kepada sang khalik. Ada azab mengerikan bagi orang yang tidak pernah berdoa kepada Allah.

Allah Subhanallahu Wata’ala berfirman,

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

”… berdo’alah kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri enggan beribadah kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina,” (QS. Ghafir[40] : 60).

Seringkali kita merasa ikhtiar kita telah sempurna, semua hal telah kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan.

Berdoa di setiap kesempatan, dan di waktu diijabahnya doa. Namun tidak ada tanda-tanda bahwa Allah mengabulkan doa kita.

Lalu kemudian kita berprasangka buruk terhadap Allah. Merasa doa kita tidak didengar.

Jika pernah beranggapan demikian, maka mari bersama-sama kita periksa kembali, apakah doa kita sudah sesuai dengan usaha yang kita lakukan.

Apakah dalam berdoa kita sudah mempersiapkan hati kita untuk meyakini bahwa doa kita pasti didengar dan dikabulkan oleh Allah?

Saat kita merasa lemah di hadapan Kekuasaan Allah, tidak akan sulit bagi Allah mengabulkan doa kita.

Saat kita merasa bodoh di hadapan kebesaran Allah, kita akan yakin bahwa Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi hamba–Nya.

Saat merasa miskin di hadapan Allah yang Maha Kaya akan menimbulkan rasa rendah diri dan membutuhkan Allah.

Dalam berdoa, satu hal yang perlu kita tahu, bahwa berdoa bukan sekadar memberitahu Allah apa yang kita inginkan.

Namun lebih kepada menunjukan bahwa di dalam hidup yang sementara ini, hanya kepada Allah yang Maha Besar lah kita bisa meminta dan bersandar.

Sumber: islampos.com

Loading...
loading...
loading...