Kecoa dan Nyamuk Sering Bersarang di Rumah Bapak Ini, Tapi Sejak Dia Melakukan Hal Ini, Nyamuk Lari dan Kecoa pun Hilang

by

Nyamuk dan kecoak selalu jadi binatang yang paling dibenci di rumah. Selain membuat rumah terlihat tidak nyaman, beberapa nyamuk tertentu bisa menjadi sumber penyakit.

Dan kecoak yang seringkali tinggal di lingkungan kotor selalu membawa lebih dari 40 jenis bakteri di tubuhnya, mengancam kesehatan keluarga yang tinggal di rumah itu.

Tapi ternyata, ada rahasia kecil untuk mengusir nyamuk-nyamuk dan kecoak dari rumah kita, yang tidak diketahui oleh orang-orang!

Konon, nyamuk itu benci dengan pedas dan kecoak benci dengan wangi-wangian. Nah di edisi kali ini Cerpen akan membagikan tips-tips singkat untuk mengusir kecoak dan nyamuk! Ayo dilihat!

Cara mengusir kecoak:

1. Tebarkan air sabun di tempat-tempat yang sering didatangi kecoak dan kamu akan mendapati kalau air sabun ternyata sedikit lebih efektif dibandingkan dengan obat pengusir serangga.

Hal ini disebabkan oleh karena air sabun mampu “melarutkan” minyak yang membantu kecoak-kecoak itu bergerak, yang terletak di tubuh bagian bawah serangga-serangga ini, dan membuat mereka lumpuh seketika.

2. Campurkan gula dan soda kue di dalam sebuah wadah, aduk rata, dan taruh di tempat yang sering dikunjungi oleh serangga-serangga yang menyebalkan ini. Beberapa hari kemudian, kecoak-kecoak itu akan hilang tanpa jejak!

Gula yang digunakan disini bertujuan untuk “mengundang perhatian” para kecoak sementara soda kue bisa membuat lambung kecoak “berlubang” sampai mereka mati dengan sendirinya.

3. Letakkan beberapa irisan daun bawang di tempat-tempat “nongkrong” para kecoak itu dan beberapa hari kemudian mereka akan hilang karena kecoak benci dengan bau daun bawang!

4. Kulit jeruk atau lemon yang dikeringkan dengan benar dan diletakkan di lemari pakaian atau pojokan rumah selain bisa menjadi pengharum alami, juga bisa menjadi pengusir serangga alami!

5. Cari kertas lembaran yang kecil, letakkan deterjen bubuk diatasnya dan taburkan sedikit gula diatasnya. Kecoak yang tidak tahu itu adalah deterjen akan mencoba memakannya dan mati setelahnya.

6. Ambil daun pandan, potong menjadi beberapa lembar dan ikat jadi satu ikatan kecil. Letakkan daun-daun ini di tengah-tengah rumah, di bawah lemari, atau di pojokan rumah. Selain menjadi pewangi alami, ternyata kecoak juga benci dengan wangi daun pandan!

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membasmi kecoak:

1. Jangan pernah menginjak kecoak karena kecoak membawa banyak bakteri di atas tubuhnya. Kalau kita menginjaknya atau memukulnya sampai mati, bakteri-bakteri itu akan tersebar kemana-mana dan membahayakan kesehatan kita.

Untuk kecoak-kecoak yang membawa telur di dalam tubuhnya, kita juga harus sangat berhati-hati untuk tidak memecahkan telur itu saat kita berusaha untuk membuangnya. Kertas lengket bisa digunakan untuk hasil yang maksimal.

2. Jangan sembarangan menggunakan obat pengusir kecoak karena kecoak memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi. Beberapa obat yang tidak efektif untuk membunuh kecoak akan membuat kecoak yang berhasil bertahan hidup itu menjadi kecoak yang semakin kuat.

3. Kalau kita sudah berhasil membasmi semua kecoak yang ada di rumah kita, jangan lupa untuk selalu menutup lubang-lubang atau tempat-tempat atau cara apapun yang memungkinkan supaya kecoak dari luar rumah kita bisa masuk ke rumah kita.

Cara membasmi nyamuk:

1. Campurkan sabun dengan air di dalam baskom kecil dan letakkan baskom itu di tempat-tempat yang banyak nyamuknya. Beberapa hari kemudian kamu akan menemukan mayat-mayat nyamuk di dalamnya!

2. Merendam tubuhmu dengan vitamin B1 juga bisa sedikit membantu karena nyamuk tidak suka dengan “bau” vitamin ini.

3. Selain merendam tubuh kita, makan saja vitamin B1 secara teratur dan dalam kadar yang sehat, maka nyamuk-nyamuk akan menjauhimu!

4. Kalau kamu punya kulit jeruk, baik yang sudah dikeringkan atau belum, cobalah untuk menjadikan mereka “lilin” yang mampu mengusir nyamuk dan menambah aroma harum di dalam rumah.

5. Makan bawang putih juga dipercaya jadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi nyamuk-nyamuk yang membandel.

6. Membakar daun teh dengan cara yang sama seperti kulit jeruk juga dipercaya efektif!

Nah gimana Sobat Cerpen? Siap membasmi mereka-mereka yang selalu mengganggu rumahmu ini?

Sumber: cerpen.co.id

Loading...
loading...
loading...