Kasus Anak yang Lumpuh Total Ini Memperingatkan Kita Untuk Tidak Mencium Bayi yang Baru Lahir

by -24,260 views

Melody yang kini berusia 13 tahun benar-benar dalam kondisi yang memprihatinkan. Di usianya yang 13 tahun ia hanya bisa meringkuk di kamar tidur.

Melody tak bisa berjalan, tak bisa bicara, tak bisa makan sendiri. Alicia Brooks (33), ibunya, hanya bisa menangis melihat kondisi anaknya itu.

Gadis asal Leeds, Inggris, itu mengalami lumpuh total sejak ia masih bayi. Menurut Daily Star, Melody terkena virus herpes sejak bayi. Ibu Melody, Alicia, kini berharap semua ibu di dunia belajar banyak darinya.

Melody bisa terkena herpes karena penyebab yang sepele. Hal itu diketahui oleh Alicia saat pertama kali menerima vonis dokter, bahwa anaknya terkena virus herpes.

Awalnya, Melody yang lahir pada 2004 lalu terlihat sehat dan normal. Dua minggu setelahnya, Alicia menyadari ada luka melepuh di dada dan kaki Melody.

Dipikir biasa, luka itu ternyata bertambah besar dan parah. Ia pun membawa Melody ke rumah sakit.

Alicia pun akhirnya menerima kabar buruk itu. Melody dinyatakan terkena herpes. Penjelasan dokter tak membuatnya kalah kaget. Virus itu datang melalui kebiasaan yang sepele.

Diduga, virus itu datang lewat orang-orang yang datang berkunjung, untuk melihat Melody yang baru lahir.

Nah, ada salah satu pengunjung yang mencium Melody. Virus itu pun diduga datang lewat ciuman. Yang menyedihkan, virus itu akhirnya menjadi penyebab kerusakan otak Melody.

“Dalam semua kunjungan ke rumah sakit, dokter tak berdaya untuk menyembuhkannya,” ujar Alicia.

“Dia kehilangan semua fungsi, dan kini seperti kembali menjadi bayi, mengerikan melihatnya,” katanya lagi.

Alicia kini berharap peristiwa ini bisa menjadi pelajaran agar para ibu lebih berhati-hati dari mereka yang datang untuk melihat bayinya.

Bukan Kasus Pertama
Pada 2015 lalu,  bayi bernama Brooke Henderson baru-baru ini diketahui menderita herpes setelah dicium pada bagian wajahnya.

Kejadian ini dibeberkan oleh Claire Henderson, seorang ibu asal Inggris yang tidak ingin ada bayi lain mengalami kejadian serupa.

Claire bercerita dalam akun Facebook miliknya bahwa Brooke baru berusia tiga bulan ketika tertular virus herpes secara oral. Ia diduga tertular herpes karena dicium oleh teman atau anggota keluarga yang mengunjunginya.

Setelah ceriga bahwa bayinya mengalami kondisi yang tidak sehat, Claire segera membawa Brroke ke dokter.

Dokter pun mendiagnosis Brooke terkena herpes yang ditularkan dari air liur. Virus herpes memang sangat mudah menular melalui gelas, sedotan, bahkan lipbalm.

Selain virus herpes memang mudah menular, bayi berusia di bawah dua bulan belum memiliki kekebalan tubuh yang baik. Bayi belum bisa bertahan dalam serangan virus sehingga sangat rentan terkena penyakit.

Untuk menghindari kejadin ini terulang kembali, dokter mengingatkan para ibu untuk menjaga anaknya yang masih bayi. Batasi jumlah orang yang boleh menangani bayi serta menciumnya.

Jangan perbolehkan orang untuk mencium muka bayi, terutama bagian bibir. Dari bagian bibir dan pipi virus herpes sangat mudah untuk masuk ke tubuh bayi.

Sumber: intisari.grid.id

loading...
loading...