Juara Lari Dunia Mewakili Indonesia, Rumah Muhammad Zohri Cuma Gubuk Mengenaskan Seperti Ini

by

Lalu Muhammad Zohri membuat masyarakat Indonesia berbangga. Dia meraih medali emas pada kejuaraan lari 100 meter IAAF World U20 Championships 2018 di Tamere, Finlandia.

Medali yang baru pertama kali diperoleh seorang pelari Indonesia.

Dia berhasil mencatatkan waktu tercepat 10.18, lebih cepat dari pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison dengan catatan waktu 10.22.

Capaian ini membuat Zohri dinobatkan sebagai juara dunia sprinter 100 meter.

Di balik prestasi yang diukirnya, Zohri ternyata menyimpan kisah hidup mengharukan. Hingga saat ini, dia masih tinggal di gubuk reot peninggalan kedua orangtuanya.

Berdasarkan informasi dari Camat Pemenang, Faisol Mangku Alam, rumah tersebut berlokasi di Dusun Karang Pansor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Kondisi rumah tersebut begitu memprihatinkan. Dindingnya terbuat dari papan kayu, sebagian anyaman bambu. Lantainya masih berupa tanah.

Bagian teras diatapi asbes yang sedikit melengkung di tengah. Untuk berlindung dari panas dan hujan, rumah itu menggunakan genteng dengan rangka yang terlihat mulai lapuk.

Di dalam rumah hanya terdapat beberapa perabotan. Di antaranya seperti dipan beralas tikar plastik serta lemari tanpa pintu.

Lemari itu biasa digunakan Zohri menyimpan pakaian. Dia juga menyimpan sejumlah medali prestasinya di lemari tersebut.

Zohri sudah tinggal di rumah itu sejak kedua orangtuanya masih hidup hingga sekarang.

Sang ayah, Lalu Ahmad Yani, meninggal pada 2017 sedangkan ibunya, Saeriah meninggal lebih dulu pada 2015.

Menurut Faisol, salah satu orang yang berperan dalam kesuksesan Zohri adalah Guru Olahraga SMP 1 Pemenang, Rosida. Guru itulah yang memotivasi Zohri untuk rajin berlatih lari.

Dan kini, si anak desa itu berhasil mengharumkan nama bangsa di kejuaraan dunia. Zohri tengah bersiap menghadapi ajang olahraga bergengsi di Benua Asia, Asian Games 2018.

Selamat berlatih dan bertanding, Zohri.

Sumber: dream.co.id

Loading...
loading...
loading...