Jangan Segera Minum Setelah Makan, Dampaknya Buruk Bagi Kesehatan, Begini Penjelasannya

by

Banyak orang bertanya-tanya tentang apakah minum air putih setelah makan sehat atau tidak. Minum cukup air membantu tubuh untuk tetap sehat.

Minum sedikit air sebelum makan membantu tubuh mempersiapkan diri untuk pencernaan yang lebih baik, tetapi ingatlah itu untuk minum sedikit air sebelum makan.

Dengan pendapat beragam dari ahli diet dan dokter, banyak yang kebingungan tentang tepat dan tidaknya minum air setelah makan. Namun, pertama-tama, dengarkan tubuh Anda.

Jika mengikuti teori-teori yang disarankan oleh Ayurveda, waktu yang terbaik adalah minum air di antara waktu makan, yang sebenarnya membantu tubuh memecah makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil dan halus, sehingga membantu pencernaan.

Tapi, pastikan air berada pada suhu yang sedang. Minum air dingin di antara waktu makan dapat membuat enzim pncernaan tidak aktif dalam fungsinya.

Asam reflux adalah umum ketika air dingin dikonsumsi di antara waktu makan. Minum air segera setelah makan dapat menyebabkan Anda menjadi gemuk.

Lebih dari itu, minum air putih tepat setelah Anda makan akan merusak sistem pencernaan dan mengganggu waktu yang harusnya digunakan tubuh untuk mencerna makanan.

Minum air segera setelah makan menunjukkan kecenderungan seseorang makan terlalu banyak.

Hal ini terjadi karena minum air segera setelah makan membuat Anda merasa lapar daripada yang bisa diantisipasi, sehingga menyebabkan Anda makan terlalu banyak.

Banyak cairan di lambung tidak membantu melancarkan pencernaan dan hal ini terjadi ketika minum air segera setelah makan.

Meskipun perut diciptakan untuk menyerap cukup air, itu masih tidak membantu ketika minum tepat setelah makan karena mengencerkan enzim yang membantu pencernaan.

Akhirnya, muncul sebagai penyakit dalam tubuh dalam bentuk keasaan dan mulas yang parah. Sistem pencernaan yang terganggu membuat banyak makanan tidak tercerna.

Kandungan glukosa dari makanan yang tidak dicerna ini diubahmenjadi lemak dan disimpan, yang mengarah ke peningkatan insulin.

Hal ini akhirnya meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan obesitas & diabetes. Singkatnya, seseorang seharusnya minum cukup air.

Waktu terbaik untuk minum air dalam jumlah yang banyak adalah pagi setelah bangun tidur.

Namun, perlu diingat bahwa setelah makan harus diberi jarak 10 sampai 15 menit, baru kita minum. Juga sangat ideal untuk minum air di antara waktu Anda mengonsumsi makanan.

Namun, minum di antara makan harus minum dalam jumlah sedikit, sehingga penyerapan nutrisi alami dari makanan selama proses pencernaan tidak terpengaruh.

Sumber: intisari.grid.id

Loading...
loading...
loading...