Jangan Lupa Baca Doa Ini Saat Berpakaian, Ini Hikmahnya

by

Mengenakan pakaian merupakan rutinitas sehari-hari yang dilakukan oleh semua orang. Dalam Islam, saat berpakaian juga dianjurkan untuk diawali dengan membaca doa.

Namun sayangnya, tak semua umat Islam mengetahui hal tersebut. Bahkan masih banyak orang yang tidak mengetahui doa apa yang hendaknya dibaca saat berpakaian.

Tak hanya sebagai adab saat berpakaian, ternyata berdoa saat mengenakan pakaian juga memiliki beberapa manfaat bagi umat Islam.

Pertama, berdoa saat mengenakan pakaian menunjukkan bahwa orang tersebut bersyukur dan berterima kasih kepada Allah atas rejeki pakaian yang ia gunakan.

Jika pakaian yang digunakan adalah pakaian baru maka hendaknya Anda berdoa, “Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwatin”.

Doa tersebut memiliki arti, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Daud)

Kedua, membaca doa saat berpakaian akan membuat seseorang terlindung dari kejahatan yang ada pada pakaian tersebut. Jika pakaian tersebut adalah pakaian lama yang biasanya dipakai hendaknya membaca,

Bismillaahi Alloohumma Innii As-Aluka Min Khoirihi Wa Khoirii Maa Huwa Lahuu Wa’a’uudzu Bika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.”

Doa tersebut bermakna, “Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

Kemudian yang ketiga, berdoa saat menggunakan pakaian akan membuat dosa-dosa seseorang di masa lampau terampuni. Disebutkan dalam kitab al-Adzkar, dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

Barang siapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca, ‘Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin. Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah Ta’ala mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu as-Sani)

Jika doa tersebut dibacakan saat berpakaian, maka pengguna pakaian tersebut berhak mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat membaca doa ketika berpakaian agar dosa-dosa di masa lampau dapat terampuni.

Yaitu pakaian yang digunakan adalah pakaian yang sesuai tuntunan Alquran dan dapat menutupi aurat dari pemakainya. Sebagaimana Allah telah menyebutkannya dalam Alquran surat Al A’raf ayat 36.

Dalam ayat tersebut Allah berfirman,

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Hai, anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda Kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. al-A’raf : 26)

Oleh karena itu, seorang muslim hendaknya memperhatikan pakaian yang akan ia kenakan. Yaitu memperhatikan kelayakan pakaian tersebut apakah sudah sesuai tuntunan al-Quran dan sanggup menutupi aurat atau belum.

Setelah itu, hendaknya umat Islam membaca doa saat hendak berpakaian. Baik ketika menggunakan pakaian yang baru ataupun menggunakan pakaian lama yang biasanya dikenakan.

Pasalnya, ada beberapa keutamaan yang akan didapatkan dengan membaca doa saat berpakaian. Pertama, yaitu untuk menunjukkan rasa syukur atas rezeki pakaian yang ia kenakan.

Kedua, untuk mendapatkan kebaikan dari pakaian yang digunakan dan agar terhindar dari kejahatan yang ada pada pakaian tersebut. Kemudian yang ketiga, agar dosa-dosanya di masa lampau diampuni oleh Allah.

Sumber: islami.co

Loading...
loading...
loading...