Inilah 3 Kelompok yang Dekat Dengan Nabi Muhammad di Akhirat Nanti

by

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dikatakan bahwa kelak di hari Kiamat, Nabi Muhammad SAW merupakan satu-satunya Rasul yang memohonkan syafaat kepada Allah untuk umatnya.

Maka berbondong-bondong umat manusia akan merapat dan mendekati beliau pada hari akhir tersebut.

Hari tersebut adalah hari di mana seluruh umat manusia dibangkitkan untuk dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah dilakukan selama hidup.

Karena itu, tidak semua umatnya dapat mendekat kepada Nabi Muhammad SAW, namun dalam sebuah riwayat terdapat peristiwa di mana Rasulullah menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari Kiamat

Pertama, orang yang memiliki akhlak mulia adalah salah satu golongan yang paling dekat dengan Nabi di hari Kiamat. Siapakah orang berakhlak mulia?

Dalam hadis Nabi disebutkan adalah bukan orang yang keras, tidak suka menghina sesama dan tidak sombong.

Sedang orang yang melakukan tiga perbuatan tersebut akan menjadi orang yang paling jauh dari Nabi pada saat hari Kiamat.

عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن من أحبكم إليّ وأقربكم مني مجلسا يوم القيامة أحاسنكم أخلاقا وإن أبغضكم إليّ  وأبعدكم منّي مجلسا يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون

Dari Jabir bin Abdullah ra, berkata; Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang paling saya cintai dan paling dekat dengan tempat saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Sementara orang yang paling saya benci dan tempatnya paling jauh dari saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang keras dan rakus, suka menghina dan sombong.” (HR. Tirmizi)

Selain diriwayatkan oleh Imam Tirmizi dalam Sunan-nya, hadis di atas juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahih-nya, Imam Muslim dalam Shahih-nya dan Imam Ahmad dalam Musnad-nya.

Kedua, orang yang selalu bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW Salah satu keutamaan bersalawat kepada beliau adalah maka orang tersebut termasuk orang yang dekat tempatnya dengan Nabi pada hari Kiamat kelak.

أن النبي صلى الله عليه وسلم قال :إن أقربكم مني يوم القيامة أكثركم صلاة عليّ

Nabi saw bersabda, “Sesungguhnya di antara kalian yang paling dekat dariku di hari kiamat adalah yang paling banyak bersalawat terhadapku.” (HR. Baihaqi)

Menurut al-Munziri dalam al-Taghrib wa al-Tahrib dan Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari menyebutkan bahwa hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Syu’b al-Iman itu memiliki sanad hasan.

Karena itu perbanyaklah bersalawat atas Rasul karena dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim hal tersebut bisa menjadi syafaat pula di hari akhir dan mendapatkan tempat istimewa di surga.

Terakhir, golongan yang dekat dengan Nabi di hari Kiamat kelak adalah keluarga beliau, ahli bait-nya, sebagaimana Rasul pernah mengatakannya dalam berbagai kesempatan yang dapat kita baca dalam beberapa riwayat.

Namun, sebagai umatnya kita tentu berharap menjadi orang yang dekat dengan beliau di hari Kiamat kelak.

Nah, untuk memperoleh kedudukan mulia tersebut salah satu caranya adalah dengan menjadi orang yang berakhlak baik serta sering-sering bersalawat atas beliau.

Sumber: islami.co

Loading...
loading...
loading...