Ini Amalan Dari Mbah Moen Supaya Rezeki Lancar

by

Almarhum KH Maimoen Zubair yang akrab disapa Mbah Moen memang selalu dikenang.

Namun hal terpenting adalah nasihat dan amalan-amalan yang diberikannya masih dilakukan.

Salah satu amalan Mbah Moen yaitu membaca surat al-Ikhlas setiap masuk ke dalam rumah.

Seperti dilansir Muslim Moderat, Mbah Moen semasa hidupnya selalu memberikan nasihat dan kepada santri-santrinya agar hidup mereka diberi kemudahan, keberkahan, hingga rezeki yang melimpah.

Mbah Moen berpesan, jika sudah berumah tangga setiap masuk ke rumah agar selalu membaca surat Al Ikhlas supaya rezekinya dilapangkan.

Ternyata ini bukan sekadar nasihat, tapi amalan yang juga dilakukan oleh Rasulullah SAW.

“Mbesok nek wes omah-omah, ojo lali, angger mlebu omah moco Qulhu ping pisan,”

Pesan Mbah Moen ini, artinya besok kalau sudah berumah tangga, setiap masuk rumah jangan lupa membaca surat Al-Ikhlas walaupun hanya sekali.

Sahal bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW dan mengadukan kefakiran yg menimpanya. Lalu beliau bersabda: “Apabila kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untuk dirimu, dan bacalah Qul Huwallaahu Ahad satu kali.”

Lalu laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpahruahkan rezeki orang tersebut sehingga mengalir kepada tetangga-tetangganya.

Dai Muda Nahdlatul Ulama, Ustadz Muhammad Najmi Fathoni mengatakan, Surat Al Ikhlas adalah ideologi para ulama karena di dalamnya terdapat kandungan yang luar biasa.

“Tentang Surat Al Ikhlas, kalau saya melihatnya tentu surat ini yang jadi ideologi para ulama karena di sana terkandung makna tauhid yang luar biasa. Allahusomad, ‘tempat Allah bergantung’, tempat kita bergantung, ya kepada Allah,” ujar Ustadz Najmi saat dihubungi Okezone, Kamis (3/10/2019).

Surat Al Ikhlas merupakan penegasan, manusia harus menggantungkan hidupnya kepada Ar Razak artinya yang Maha Pemberi Rezeki. Sebab semua kehidupan manusia telah diatur oleh Allah.

Sedangkan amalan-amalan yang biasa dilakukan para ulama juga santri-santri untuk memancing rezeki datang, yaitu membacakan Surat Al Wakiah dan memperbanyak istighfar.

“Kemudian ada juga yang menarik dan penting yang sering dilaksanakan para guru. Yakni, istighfar, ini juga bisa menarik rezeki. Selain itu, tentunya dengan sedekah bisa menerik rezeki,” pungkasnya.

Sumber: okezone.com

Loading...
loading...
loading...