Ini Alasannya Kenapa Kamu Tidak Boleh Sering-sering Mengeluh di Media Sosial

by

Mengeluh adalah hal yang sangat wajar dilakukan oleh manusia, sebagai seorang manusia yang hidup, mengeluh adalah cara mengekspresikan ketidak puasan kita terhadap sesuatu. terkadang mengeluh membuat kita sedikit merasa lega.

Kita tidak di larang untuk mengeluh hanya saja, ada waktu dan tempat-tempat yang harus diperhatikan ketika kita hendak mengeluh.

Di zaman sekarang ini media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari kita, banyak dari kita yang memanfaatkan media sosial untuk hal-hal positif seperti menjalin silaturahmi, mencari teman baru, bahkan ada yang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis.

Tetapi di balik manfaat positif yang bisa kita dapat, media sosial juga kerap kali di jadikan tempat atau sarana untuk melakukan hal-hal yang tidak baik dan berdampak buruk pda diri sendiri dan orang lain, misalnya saja mengeluh.

Banyak dari pengguna media sosial seperti facebook dan twitter bekeluh kesah atas suatu hal diakun pribadinya. Ya memang, kamu memiliki hak penuh untuk menggunakan dan memanfaatkan akun pribadimu, tapi tidakkah kamu berfikir ada dampak-dampak negatif yang di hasilkan jika kamu terlalu sering bahkan menjadikan akun pribadi sebagai tempat mengeluh, hal ini tentu saja tidak hanya berdampak negatif terhadap diri sendiri tapi juga ada dampak yang akan di rasakan oleh orang lain. Berikut beberapa akibat yang akan kamu hasilkan dari menjadikan akun pribadimu sebagai tempat mengeluh:

Memperburuk Beadaan
Ya, mengeluh hanya akan memperburuk keadaan. Ketika suatu keadaan tidak sesuai dengan harapan mu, apakah itu jalanan yang macet, hujan di pagi hari, atau hal lain yang membuat mu kadang merasa kecewa dan kamu mengeluhkannya di akun pribadimu itu, justru akan semakin memperburuk keadaan.

Ketika kamu mengeluh ada energi negatif yang merasuk pada otak, dan saraf akan meresponnya sehingga perasaanmu akan semakin kacau. Ketika kamu sudah merasa badmood, akan ada hal negatif lain yang akan terjadi padamu.

Misalnya kamu akan menjadi malas, menjadi lebih emosional, atau bahkan bisa membuatmu berbuat satu hal yang di larang dan merugikan orang lain. Jika hal itu sudah terjadi, itu semua tentu akan menjadikan keadaanmu lebih buruk dari sebelumnya.

Terlihat Seperti Orang yang Tidak Bersyukur dan Mudah Putus Asa
Orang yang sering mengeluh apalagi mengeluh di media sosial akan terlihat seperti orang yang tidak pernah bersyukur dan putus asa. Orang akan memandangmu sebagai pribadi yang buruk karna kamu tidak pernah bisa mengambil hikmah dan pelajaran positif akan hal yang terjadi pada dirimu.

Ketika kamu mengeluh di media sosial akan ada banyak orang yang menilai kalau kamu adalah pribadi yang tidak pandai bersyukur. Dan hal ini akan berakibat kamu akan di pandang negatif oleh orang-orang yang mengenalmu dan bisa saja mereka akan malas bertemen dan berinteraksi denganmu, karena kamu di anggap sebagai orang yang akan membawa pengaruh negatif terhadap dirinya, kalau sudah begini satu persatu temanmu akan menjauh. Siapa yang mau berteman pada orang yang hanya bida mengeluh dan berputus asa?

Membuat Orang Lain Tahu Kelemahan dan Keburukan Kita
Berkeluh kesah akan membuat orang lain tau kelemahan dan keburukan dirimu. Ketika dirimu tertimpa suatu masalah orang lain akan melihat bagaimana kamu menyikapi masalah tersebut, kalau kamu menjadi ahli keluh kesah terhadap maslah yang kamu hadapi, sudah bisa di pastikan orang lain akan menganggap kamu sebagai orang yang buruk dan lemah.

Ketika sudah begitu, kelemahan dan keburukan yang kita miliki dan sialnya sudah di ketahui orang banyak karna kamu sering memposting keluhanmu di media sosial, akan membuatmu semakin hina dan pasti teman atau gebetanmu akan berpikir berkali-kali untuk dekat bahkan berteman lagi denganmu.

Jadi guys, buat kamu yang lagi PDKT sama seseorang atau kamu yang sedang membuat jaringan bisnis, STOP mengeluh dimedia sosial karna bisa dijamin perilakumu yang seperti itu akan membuat mereka mental.

Membuat Orang yang Tidak Menyukaimu Punya Cara Lebih Banyak Untuk Menjatuhkanmu
Sebagai manusia tidak semua orang menyukai dirimu, ada saja orang-orang yang membencimu bahkan berusaha menjatuhkanmu. Kamu tidak bisa memakaksa semua orang untuk menyukai dirimu, yang bisa kita lakukan adalah tidak membuat orang semakin membenci mu dan meminimalisir kesempatan orang yang membencimu untuk berbuat lebih jauh.

Kalau kamu sering berkeluh kesah di media sosial kemungkinan kelemahan dan keputusasaanmu bisa di manfaatkan oleh orang-orang yang membencimu untuk lebih menjatuhkanmu, ada kemungkinan mereka menemukan cara dari segala kelemahan diri yang selalu kamu umbar di media sosial dan ini pasti sangat berbahaya untukmu apalagi jika kamu sedang bergulat di dunia bisnis tentu ini akan menjadi kesempatan bagi pesaingmu untuk menjatuhkan salah satu rivalnya.

Mengganggu Orang Lain dan Berkontribusi Menyebarkan Pikiran Negatif Kepada Orang Lain
Media sosial bukanlah buku diarymu yang bisa kamu tuliskan segala keluh kesahmu tanpa sensor, media sosial bukanlah Tuhan tempat dimana kamu bisaberkeluh kesah dan berdo’a sebebas bebasnya.

Di dalam media sosial kamu berinteraksi dengan banyak orng yang kamu kenal atau tidak kamu kenal sama sekali. Ketika kamu mencurahkan segala keluhanmu di media sosial ada orang lain yang membaca dan mengetahuinya, keluhan-keluhanmu akan sangat mengganggu dan membuat orang lain jenuh dengan status keluh kesahmu yang terus menerus tampil di dinding atau timeline mereka.

Pernahkah kamu berfikir kalau segala keluh kesahmu itu turut berkontribusi menyebarkan pikiran negatif terhadap pembaca semua statusmu yang berlebihan itu? Pernakah kamu membayangkan apabila ada orang lain yang bisa tertular sifat putus asamu karna membaca “keputusasaanmu” di media sosial?

So guys, jangan egois! jangan pernah kamu berfikir apa yang kamu keluhkan tiak berpengaruh apa-apa bagi orang lain, jadi jangan berfikir hanya kamu yang malang di dunia ini, kalaupun begitu jangan kau perparah dengan menyebarkan kemalanganmu pada orang lain. So, write your spirit guys!

Ada Kemungkinan Temanmu Tidak Akan Lagi Mau Berteman Denganmu di Media Sosial
Ketika setiap hal yang kamu keluhkan kamu tulis di akun pribadimu, maka keluhanmu itu akan di baca oleh banyak orang entah itu keluargamu, teman-teman atau kenalanmu.

Ketika mereka mengetahui kalau hidupmu penuh dengan keluh kesah bukan tidak mungkin mereka akan menghapus pertemanan dengan mu di media sosial karna jenuh dan bosan dengan keluhanmu itu, bahkan sangat wajar jika mereka menghapus pertemanan denganmu karna menganggap kamu akan membawa dampak buruk bagi mereka. Nah, buat kamu yang sedang menjalani bisnis online, ini tentu akan sangat mengancam bisnismu di kemudian hari.

Terkena Tindak Pidana Hukum
Mengeluh di media sosial bisa membuatmu terjerat kasus hukum. Ya, kamu bisa saja di tuntut oleh suatu instansi atau pihak-pihak yang merasa kamu rugikan dengan keluhanmu itu, apalagi misalnya kamu mengeluhkan pelayanan atau mengeluhkan produk yang kamu gunakan tanpa hati-hati dan sensor, kamu bisa saja dianggap melakukan tindakan pencemaran nama baik bagi instansi atau perusahaan yang kamu keluhkan jasa atau produknya.

Jika kamu memiliki ketidakpuasan terhadap suatu jasa atau produk, ada cara-cara yang benar ketimbang kamu mengeluhkannya di media sosial, misalnya dengan mengirimi surat klaim atau keluhan ke perusahaan atau instansi yang terkait, atau melaporkannya pada pihak yang memang bisa membantumu menangani ketidakpuasanmu itu.

Jadi, masih mau mengeluh di media sosial?

Sumber: rirayu.blogspot.co.id

Loading...
loading...
loading...