Ini Alasan Mengapa Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Subuh

by

“Jangan tidur setelah Subuh, nanti rezekinya dipatuk ayam loh,”

Nasihat orangtua pada anaknya yang sering kita dengar di masyarakat.

Dalam sebuah riwayat yang disebutkan oleh Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir, Nabi pernah membangunkan putrinya, Fatimah, yang tidur setelah Subuh.

وفي خبر أن المصطفى صلى الله عليه وسلم أتى فاطمة وهي نائمة فقال: قومي فاشهدي رزقك

Dalam sebuah riwayat hadis, Nabi pernah mendatangi (rumah) Fatimah. Saat itu ia sedang tidur. “Bangunlah. Jemputlah rezekimu.”

 قال بعض العارفين لزوم الصبح في جماعة يسهل أسباب الدنيا الصعبة والعصر والعشاء فيها يورث الزهد ويقمع النفس عن الشهوات ويصحح الاعتقاد مع ما فيه من سلوك الأدب مع الله حال قسمته أرزاق العباد فإنهم تقسم أرزاقهم المحسوسة بعد الصبح والمعنوية بعد العصر والعشاء

Sebagian orang-orang yang makrifat pada Allah bersepan: “Rutin shalat Subuh berjemaah dapat memudahkan urusan dunia yang sulit. Sementara itu, rutin shalat Asar dan Isya berjemaah itu menimbulkan rasa zuhud, mudah mengendalikan nafsu syahwat, dan memperbagus iktikad yang berupa sifat beretika pada Allah saat Ia memberikan rezekinya pada para hamba-Nya. Rezeki zahir itu dibagikan setelah Subuh, sementara rezeki batin itu dibagikan setelah Asar dan Isya.

Dalam riwayat sahabat Ibnu Abbas disebutkan bahwa Nabi saw. bersabda.

إِذا صَلَّيْتُمُ الفَجْرَ فَلَا تَنامُوا عَن طَلَبِ أرزاقكم

“Ketika Anda sudah selesai melakukan shalat Subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang jadi penyebab hilangnya rezeki Anda” (HR Thabrani).

Menurut Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir, kebiasaan Rasulullah saw. itu memulai mencari rezeki di waktu yang diberkahi.

Setelah shalat Subuh, Rasulullah berzikir dan beristigfar. Setelah matahari terbit, barulah Rasulullah saw. berjalan mencari rezeki.

Oleh karena itu, apa yang kita dengar dari orang-orang terdahulu mengenai rezeki yang dipatuk ayam itu senada dengan spirit yang diajarkan Rasulullah SAW.

Umat Muslim harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin sejak matahari sudah mulai terbit. Saat pertengahan malam dianjurkan melakukan ibadah shalat, dan dilanjutkan hingga waktu azan Subuh berkumandang.

Wallahu ‘alam.

Sumber: bincangsyariah.com

Loading...
loading...
loading...