Ini Alasan Mengapa Tak Boleh Konsumsi Nasi Sisa Kemarin

by

Nasi sisa kemarin yang sudah disimpan lebih dari 24 jam tak disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini karena akan berbahaya bagi kesehatan.

Laporan National Health Service Amerika bulan Mei 2018 telah meengingatkan masyarakat tentang bahaya potensial makan nasi yang dipanaskan.

Laporan itu memiliki fakta bahwa bakteri yang disebut Bacillus Cereus umumnya ditemukan dalam nasi yang belum dimasak, dan banyak pula spora yang bertahan hidup di nasi yang dimasak.

Spora ini dapat tumbuh bahkan jumlahnya berlipat ganda menghasilkan racun ketika beras ditinggalkan pada suhu kamar setelah dimasak. Racun ini dapat menyebabkan keracunan makanan ketika dicerna.

Dr. Travis Stork, seorang dokter sekaligus anggota Health Squad, mengatakan pada People (29/03/2019),

“Fakta mengenai virus Bacillus Cereus dapat menyebabkan keracunan makanan pada nasi sisa ini adalah satu hal yang saya hafal dari awal sekolah kedokteran,” katanya.

Ia juga mencatat bahwa pasta, sup dan saus juga dapat terpengaruh demikian, ketika dibiarkan pada suhu kamar.

Keracunan makanan dari beras bisa dikaitkan dengan nasi goreng, ini sebenarnya disebut ‘sindrom nasi goreng’.

Karena restoran yang menyajikan nasi goreng kadang-kadang membiarkan nasi putih sampai dingin terlebih dahulu sebelum dimasak.

Semakin lama nasi ditinggalkan, semakin besar kemungkinan Anda berisiko alami keracunan makanan, karena bakteri tersebut akan terus berlipat ganda.

Dr. Stork juga memberi peringatan untuk berhati-hati saat makan nasi dari restoran prasmanan yang membiarkan nasi diletakkan di bawah lampu pemanas.

Dr. Stork juga memberitahu bahwa nasi idealnya langsung disajikan setelah dimasak, dan dibuang jika dibiarkan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam.

“Jika disimpan, Anda dapat menyimpan di lemari es hingga 24 jam sebelum dipanaskan,” kata Dr. Stork. Saat Anda memanaskannya kembali, pastikan dipanaskan hingga 140 C dan untuk pemanasan ulang lebih dari sekali tidak disarankan.

Jika Anda penggemar nasi goreng, jangan khawatir. Dr. Stork mengatakan Anda tidak harus berhenti konsumsi nasi goreng karena hanya takut keracunan makanan.

Anda hanya perlu sedikit lebih berhati-hati ketika memesan dan bagaimana Anda menyimpan nasi goreng itu, jika Anda berencana memakannya esok hari.

Sumber: detik.com

Loading...
loading...
loading...