Ini 6 Amalan yang Disunnahkan Setelah Sholat Jum’at Hingga Menjelang Malam

by

teImam Ghazali dalam Bidayatul Hidayah menjelaskan bahwa terdapat amalan-amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim usai melakukan shalat jumat hingga menjelang malam tiba. Yaitu;

Pertama. Setelah memanjatkan doa usai shalat Jumat, lakukanlah salat dua rakaat atau enam rakaat yang dilakukan dengan dua-dua.

Semua itu ter­dapat dalam riwayat yang berasal dari Rasulullah Saw. dalam kondisi yang berbeda-beda.

Kedua, dianjurkan i’tikaf atau menetap di mesjid sampai waktu maghrib atau asar untuk berzikir dan berdoa.

Sebab waktu mustajab terdapat sepanjang hari itu, tapi tidak ditentukan secara pasti.

Berdoa bagi seseorang yang harus kembali melakukan rutinitas kerja dan lainnya bisa dilakukan dimanapun tidak harus di masjid, yang penting perbanyaklah zikir sepanjang waktu itu.

Ketiga. Perbanyaklah berdoa ketika matahari terbit, tergelin­cir, dan terbenam, ketika khatib naik mimbar, dan ke­tika orang-orang berdiri untuk menunaikan salat, karena kemungkinan besar itulah waktu-waktu yang mulia.

Keempat, disunnahkan pada siang atau malam hari shalat sunah sebanyak empat rakaat dengan membaca surat; al-An’am, al-Kahfi, Thaha dan Yasin.

Jika tidak mampu bisa diganti dengan surat Yasin, ad-Dukhan, al-Sajadah,dan al-Mulk.

Jika tidak mampu membacanya dalam shalat sunah, maka dianjurkan agar tidak meninggalkan untuk membaca semua surat tersebut di luar shalat.

Karena di dalam membaca tujuh surat tersebut di hari jumat terdapat keutamaan yang besar.

Kelima, jika tidak terbiasa membaca tujuh surat tersebut maka diperbolehkan menggantinya dengan membaca surat al-Ikhlas sebanyak-banyaknya.

Keenam. Berusahalah untuk bersedekah semampumu pada hari tersebut walaupun sedikit.

Dengan demikian, eng­kau telah mengumpulkan antara salat, puasa, sedekah, membaca Alquran, zikir, dan iktikaf.

Jadikan hari ter­sebut sebagai waktu yang khusus kau peruntukkan bagi akhiratmu, barangkali itu bisa menjadi penebus dosa bagi hari-hari lainnya dalam seminggu.

Sumber: bincangsyariah.com

Loading...
loading...
loading...