Ini 4 Amalan yang Dapat Mengangkat Derajat Seseorang

by

Dambaan untuk memiliki derajat yang tinggi adalah hak setiap manusia. Dan diantara banyaknya manusia yang mendambakan kemuliaan dan derajat yang tinggi, ada yang berusaha dengan amal salehnya, ada juga yang dengan ilmunya, dan ada juga yang hanya berpangku tangan sebab tidak memiliki tabungan amal saleh dan ilmu yang banyak.

Jangan berputus asa, akan tetap bisa menatap indahnya dambaan tersebut walau memiliki amal dan ilmu. Sebab masih ada empat perkara lainnya yang bisa mengangkat derajat seseorang.

Dalam Jawahirul Lu’luiya, Syekh Muhammad bin ‘Abdullah al-Jurdani al-Dimyathi menjelaskan:

أربع ترفع العبد إلى أعالي الدرجات وإن قل عمله وعلمه الحلم والتوضع والسخاء وحسن الخلق

“Empat perkara yang bisa mengangkat derajat seseorang hingga mencapai derajat mulia, meski sedikit amal dan ilmunya: toleransi, rendah hati, dermawan, dan budi luhur”

Cara tersebut bisa menjadi solusi terbaik kita untuk meninggikan derajat di sisi-Nya. Jika masih berat untuk beramal saleh dan memiliki ilmu yang sedikit, kita cukup memiliki empat perkara tersebut.

1. Toleransi
Sebuah sikap yang bisa menghargai perbedaan dengan lapang dada. Toleransai ini dapat menghindari kekerasan dan menciptakan kerukunan dan kedamaian hidup bersama orang lain.

Toleransai ini bisa kita tunjukkan dengan sikap sabar menghadapi keyakinan dan pendapat orang lain yang berbeda.

2. Rendah Hati
Rendah hati tidak menjadikan seseorang menjadi rendah, justru Allah akan meninggikan siapa saja yang mau bersikap rendah hati.

Sebab orang yang renda hati itu sejatinya memiliki banyak kelebihan, namun tidak menonjolkannya pada rang lain.

Sikap inilah yang bisa mendatangkan berbagai kebaikan dan kesenangan, bahkan Allah menyuruh hamba-Nya untuk bersikap seperti itu. Nabi Muhammad mengingatkan dalam hadisnya:

عَنْ عِيَاضِ بْنِ حِمَارٍ قَالَ: قال رسول الله صلّى الله عليه وسلّم: إنَّ اللّهَ أَوْحَىٰ إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّىٰ لاَ يَفْخَرَ أَحَدٌ علىٰ أَحَدٍ، وَلاَ يَبْغِيَ أَحَدٌ عَلَىٰ أَحَدٍ

“Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku untuk menyuruh kalian bersikap rendah hati, sehingga tidak ada seorang pun yang membanggakan dirinya di hadapan orang lain, dan tidak seorang pun yang berbuat aniaya terhadap orang lain.” (HR. Muslim)

4&5. Dermawan dan Berbudi Luhur
Barangsiapa mampu bersikap dermawan, tentu ia juga berbudi luhur. Sebab orang yang dermawan biasa memberikan harta dengan senang hati dalam kondisi memang wajib emmberi, sesuai kepantasannya tanpa mengharapkan imbalan baliknya.

Dan sikap ini  menunjukkan perilaku seseorang yang memiliki akhlk yang baik. sikap seperti ini juga yang bisa mengangkat derajat seseorang, meski sedikit amal dan ilmu.

Sumber: bincangsyariah.com

Loading...
loading...
loading...