Imam di Masjidil Haram Sudah Khatam al-Qur’an, Kemungkinan Besok Idul Fitri di Arab Saudi

by -1,026 views

Jadwal 1 Syawal 1440 Hijriah atau Idul Fitri tahun ini sepertinya akan berbeda antara di Indonesia dengan Arab Saudi.

Berdasarkan kalender yang digunakan di Indonesia, Idul Fitri 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Rabu (5/6/2019) lusa.

Sementara di Arab Saudi, khususnya di Mekkah, Idul Fitri dijadwalkan akan jatuh pada, Selasa (4/6/2019) besok.

Informasi itu Serambinews.com peroleh saat mengikuti langsung pelaksanaan Shalat Tarawih di Masjidil Haram, Mekkah, Minggu (2/6/2019) malam.

Dalam Shalat Tarawih itu, imam sudah habis membacakan semua ayat-ayat pendek pada juz 30.

Dengan demikian, bacaan imam saat Shalat Tarawih satu malam satu juz hingga khatam 30 juz sampai malam terakhir Ramadhan, sudah selesai.

“Di sini yang tentukan 1 Syawal bukan pemerintah seperti di Indonesia, tetapi mufti-mufti atau ulama-ulama yang ditandai dengan khatamnya bacaan Ayat Alquran dalam Shalat Tarawih pada malam harinya,” kata Tgk Rusli Yusuf, jamaah umrah asal Tangse, Pidie kepada Serambinews.com, Senin (3/6/2019) Subuh.

Dengan demikian, kata Tgk Rusli, tadi malam Shalat Tarawih terakhir di Masjidil Haram Mekkah untuk Ramadhan 1440 Hijriah.

Begitu juga di masjid-masjid sekitarnya, termasuk di Masjid Nabawi, Madinah, sehingga besok, Selasa (4/6/2019) sudah Idul Fitri di Arab Saudi.

“Biasa terjadi perbedaan dengan di Indonesia karena duluan munculnya bulan di sini. Begitu pun di Indonesia, termasuk di Aceh, seperti biasa, juga tetap menunggu pengumuman resmi pemerintah yang biasanya setelah melakukan sidang isbat hilal,” jelasnya.

Namun demikian, Serambinews.com belum mendapatkan informasi akurat terkait kapan shalat Idul Fitri akan dilaksanakan di Arab Saudi.

Penelusuran Serambinews.com, akun Facebook Saudinesia pada, Minggu (2/6/2019) pukul 7.20 memosting sebuah pesan berisi seruan Mahkamah Ulya Saudi untuk melihat hilal pada Senin 29 Ramadhan hari ini.

“Sementara ahli falak, Syaraf Sufyani, memperkirakan hari Selasa lusa merupakan hari terakhir bulan Ramadan, sehingga 1 Syawwal jatuh pada hari Rabu,” demikian postingan tersebut.

Sumber: tribunnews.com

loading...
loading...